EmitenNews.com - Program Sustainable Landscape Management Multi Donor Trust Fund (SLM-MDTF) mendapat asistensi dari World Bank. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menggandeng Bank Dunia serta Kementerian dan Lembaga terkait untuk melanjutkan program SLM-MDTF dengan cakupan sektor lebih luas.

 

Dalam keterangannya Rabu (12/7/2023), Sekretaris Kemenko (Sesmenko) Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengungkapkan, tujuan utama program SLM-MDTF untuk mendukung berbagai agenda Pemerintah dalam mewujudkan pengelolaan lanskap yang terintegrasi dan berkelanjutan.

 

Program SLM-MDTF pada periode I telah berjalan sejak tahun 2016, berfokus pada penanganan mitigasi kebakaran lahan dan hutan. Pada periode II tahun 2020-2026, program tersebut berfokus untuk mendukung Pemerintah melalui enam komponen.

 

Antara lain Komponen Perbaikan Administrasi dan Tata Kelola Lahan, Pertanian Berkelanjutan, Pendanaan Iklim Berkelanjutan, Penguatan Koordinasi dan Komunikasi, serta Pengelolaan Lanskap yang Terpadu dan Berkelanjutan.

 

Di luar itu, SLM-MDTF juga mendukung program strategis lain seperti penguatan kapasitas Badan Pengelolaan Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) dan rehabilitasi mangrove.

 

Manajemen pendanaan program SLM MDTF dikelola oleh Bank Dunia dengan sumber pendanaan dari Pemerintah Norwegia dan Australia.

 

Total kontribusi donor untuk program SLM-MDTF per Rapat Komite Pengarah per bulan Juni 2023 yaitu USD36,05 juta. Pembagiannya, 49,9 persen atau senilai USD18,01 juta untuk kegiatan yang bersifat bank executed, dan 49,8 persen atau senilai USD17,96 juta untuk kegiatan yang bersifat recipient executed.

 

Tahun 2023, Kemenko Perekonomian dan Bank Dunia melihat perlunya komposisi Komite Pengarah baru karena adanya ekspansi kegiatan SLM-MDTF pada sektor-sektor lanskap lainnya, baik di tingkat nasional maupun daerah. Komite Pengarah itu bertanggung jawab langsung dan melaporkan ke Menko Perekonomian secara berkala.

 

Menurut Susiwijono, untuk mengelola pendanaan SLM-MDTF ini sudah ada Keputusan Menko Perekonomian mengenai Komite Pengarah untuk Program SLM-MDTF. Dalam Kepmenko Nomor 302 Tahun 2023, sudah ditetapkan pembentukan Komite Pengarah untuk Program SLM-MDTF.