EmitenNews.com - Kementerian BUMN bekerja sama dengan Forum Hukum BUMN kembali menggelar webinar Road to BUMN Legal Summit 2022 bertajuk “Strategic & Common Issues in State Owned Enterprise (BUMN)”. Acara itu, melibatkan insan legal lingkungan BUMN, dan anak usaha BUMN, Rabu (31/8). Webinar itu, rangkaian kegiatan menuju BUMN Legal Summit 2022 di Bali pada akhir September 2022.


Ketua Umum Forum Hukum BUMN Puji Haryadi mengemukakan, dalam Road to BUMN Legal Summit 2022, telah menyelenggarakan sejumlah event. Di antaranya lomba legal review, dan webinar khusus bagi kalangan mahasiswa terbagi dua sesi. Sesi pertama pada 10 Agustus 2022, dan kedua pada 16 Agustus 2022. Kegiatan itu, diikuti lebih dari 800 mahasiswa Fakultas Hukum Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seluruh Indonesia.


Selain itu, juga menggelar dua sesi webinar khusus untuk kalangan pengelola fungsi hukum/legal BUMN digelar pada Rabu (31/8), dan pada 7 September 2022 mendatang. Webinar itu, diharap meningkatkan partisipasi insan legal BUMN dalam gelaran BUMN Legal Summit 2022. Selain itu, untuk mendapat aspirasi, dan masukan berbagai BUMN soal isu hukum umum, strategis mengenai BUMN sebagai salah satu bahan kegiatan BUMN Legal Summit 2022 (bottom up session), memberi pengetahuan, pemahaman komprehensif mengenai isu hukum umum, dan strategis mengenai BUMN (top down session).


Forum Hukum BUMN, merupakan wujud sinergi antarfungsi hukum lingkungan BUMN, dan anak usaha. Organisasi itu, fungsi, dan perannya akan dikembangkan sehingga dapat berkontribusi lebih dalam mendukung peningkatan hasil usaha BUMN. Di antaranya pengelolaan asset, proses mediasi, dan advokasi penyelesaian masalah hukum BUMN, dan anak usaha BUMN. ”Isu-isu strategis, terkini, dan bagaimana tata cara pengelolaan tentu akan menjadi bahasan menarik. Webinar juga memberi sedikit gambaran strategi pengembangan fungsi hukum lingkungan BUMN, dan anak usaha BUMN ke depan, imbuhnya.


Webinar BUMN sesi pertama menghadirkan dua narasumber yakni Koordinator Hukum Korporasi I Kementerian BUMN Anas Puji Istanto bertema Isu Hukum Strategis Terkait BUMN, dan Direktur SDM & Digital InJourney Herdy Harman mengusung tema Pengembangan Organisasi Hukum BUMN (SDM, Struktur & Kultur).


Anas menjelaskan empat isu strategis hukum saat ini perlu diangkat, dan disorot bersama, khususnya mengenai fungsi hukum dalam pengelolaan BUMN. ”Empat program strategis BUMN saat ini isu strategis holdingisasi dan kolaborasi, penegakan hukum (bersih-bersih BUMN), pemulihan kerugian akibat penyimpangan di BUMN, dan pengelolaan aset BUMN,” beber Anas.


Anas menambahkan, webinar itu dapat dimanfaatkan untuk menjadi pemantik bagi para Insan Legal BUMN memulai diskusi tentang isu strategis hukum, yang kemudian dapat dilanjutkan pada acara BUMN Legal Summit 2022.


Selanjutnya, Direktur SDM dan Digital InJourney Herdy Harman juga memaparkan lebih lanjut peran legal di lingkungan BUMN. Legal penjaga garda depan setiap unit bisnis, melindungi, dan memastikan perusahaan tidak melanggar hukum. ”Menjadi lawyer pekerjaan tidak mudah. Jadi, harus all out menjaga perusahaan yang kita cintai. Totalitas is still number one, kalau tidak perform, perusahaan akan kebobolan. Pesan saya, Insan Legal BUMN harus memperbarui pengetahuan, mendongkrak kompetensi, dan soft skill supaya tetap relevan di segala zaman. Jadi, dapat tetap memberikan pelayanan terbaik untuk perusahaan,” terang Herdy.


Tantangan lain Insan Legal BUMN meliputi berbagai persoalan sangat menantang, seperti berlakunya ketentuan hukum perundangan-perundangan BUMN tidak berlaku di perusahaan swasta pada umumnya. Perhelatan BUMN Legal Summit 2022 mengusung tema “Building Stronger Foundation for Growth”, diikuti seluruh Insan Legal BUMN, dan anak usaha. Kegiatan itu, diharap menjadi momentum membangun pondasi fungsi hukum BUMN makin kuat dalam mendukung pertumbuhan, dan transformasi BUMN. (*)