EmitenNews.com - Perusahaan penyedia pelatihan hospitality Idea Indonesia (IDEA) bakal mengirim 600 alumni pelatihan bekerja di berbagai hotel berbintang Eropa. Itu sebagai tindak lanjut teken kerja sama dengan BP2MI, dan P3MI PT TEI International beberapa waktu lalu. 

Pada Agustus 2024 lalu, IDEA dan P3MI TEI Internasional resmi meneken perjanjian kerja sama strategis dalam membuka kesempatan penempatan tenaga kerja ke luar negeri, khususnya Eropa. Seremoni teken kerja sama itu, berlangsung di Ra Suite Hotel, Jakarta Selatan, pada 19 Agustus 2024. Acara dihadiri Eko Desriyanto Direktur Utama Idea Indonesia, dan Andy Co Founder TEI International. 

Perwakilan Tenriawaru Elit Internasional, Andy, mengaku sangat antusias dengan kerja sama tersebut. ”menggandeng lembaga pelatihan berkualitas seperti IDEA, memudahkan kami menempatkan para kandidat pekerja di hotel-hotel terbaik Eropa sehingga mendapat pengalaman kerja terbaik untuk bekal karier di masa mendatang,” tegasnya. 

Direktur Utama Idea Indonesia Eko Desriyanto, menyebut kerja sama itu sangat krusial dalam memperluas cakupan penempatan kerja alumni di level internasional. “Tentu kerja sama ini akan membuka luas kesempatan kerja internasional bagi seluruh alumni IDEA,” beber Eko. 

Eko menambahkan, banyak negara Eropa saat ini membuka kesempatan bagi tenaga kerja muda Indonesia usia 18-19 tahun untuk mendapat pengalaman kerja pertama. “Ini merupakan kesempatan emas membangun fondasi karier, agar dapat membuka kesempatan kerja berikutnya di seluruh benua Eropa, America, dan Australia di masa mendatang,” imbuh Eko. 

Sebagai tindak lanjut dari kerja sama itu, IDEA dan TEI Internasional secara bersama-sama akan menggelar serangkaian roadshow job fair bertempat di cabang-cabang IDEA seluruh Indonesia. ”Kami sudah menentukan tanggal dan tempat untuk melakukan serangkaian job fair, direct interview kepada alumni IDEA, terbuka untuk alumni sekolah, dan universitas sekitar cabang-cabang IDEA,” tegas Andy. 

Berikut waktu dan tempat pelaksanaan Job Fair IDEA hasil kerja bareng dengan PT TEI International : IDEA Lampung pada 10 September 2024. IDEA Yogyakarta pada 24 September 2024. IDEA Surabaya pada 1 Oktober 2024. Dan, IDEA Jakarta pada 8 Oktober 2024.  Rangkaian Job Fair itu, akan dibuka Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), dan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) daerah masing-masing.

Adapun bidang kerja ditawarkan meliputi berbagai bidang dan posisi. Misalnya, cook helper, cook, demi chef, pastry cook, waiter/ss, asst waiter/ss, room attendant, asst room attendant, laundry attendant, public area attendant, dan banyak posisi lainnya. 

Bagi masyarakat ingin mengikuti Job Fair ini, diberikan persyaratan antara lain minimal usia 18 tahun, memiliki pengalaman kerja minimal 6 bulan, berkemampuan bahasa Inggris lancar, membawa CV, lamaran kerja, berbadan sehat, dan siap berangkat dalam waktu dekat.

Kontrak kerja ditawarkan bervariasi dari 5-6 bulan hingga 2 tahun, dengan gaji bersih mulai USD600 hingga USD1.200 per bulan, dengan diberikan berbagai fasilitas penunjang seperti akomodasi, makan, visa, asuransi, dan tiket pulang pergi.

Bagi kandidat diterima, keberangkatan kerja ke beberapa negara Eropa seperti Bulgaria dan Rumania direncanakan pada Februari-April 2025. Sementara untuk negara Croatia, Montenegro, dan berbagai negara lainnya direncanakan keberangkatan sepanjang tahun.

Kerja sama itu, diharapkan memberi peluang besar bagi siswa, alumni Idea Indonesia, masyarakat umum dengan keterampilan, dan pengalaman dunia perhotelan untuk mendapat pengalaman kerja internasional, serta berkontribusi pada peningkatan kualitas tenaga kerja Indonesia di kancah global. (*)