EmitenNews.com - PT Zyrexindo Mandiri Buana (ZYRX) optimistis mematok produksi 250 ribu unit laptop tahun ini. Itu menyusul kerja sama dengan Pegatron, salah satu original design manufacturer (ODM) kelas global berbasis di Taiwan. 


Kebutuhan itu, baik dari pasar konsumen maupun pasar pemerintah melalui pengadaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud dikti). ”Kami menarget penjualan 250 ribu produk elektronik senilai Rp800 miliar tercapai,” tutur Direktur Utama PT Zyrexindo Mandiri Buana Timothy Siddik.


Optimisme Zyrex itu didasari kerja sama dengan Pegatron. Di mana, pada 2021, hasil kerja sama dengan Pegatron membuat perusahaan sukses menjual sekitar 170 ribu unit laptop, dan perangkat komputer di Indonesia. ”Kami akan menambah produk tidak biasa kami jual pada tahun ini,” imbuhnya.


Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah mendorong pertumbuhan industri dalam negeri. Dengan dukungan Perpres Nomor 12 Tahun 2021 dan Peraturan Menteri tentang Pemakaian Produk Lokal ber-TKDN di atas 40 persen, dan ditambah kerja sama dengan Pegatron, Zyrex sukses mengapalkan 140 ribu laptop Indonesia.


”Kerja sama tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19, bahkan tim teknis Pegatron akan berkunjung ke Zyrex untuk meningkatkan dukungan terhadap transfer pengetahuan ke para pekerja Zyrex,” ucapnya.


Timothy berkeyakinan perusahaan dapat mengalokasikan 250 ribu unit produk tahun ini meski di tengah-tengah kelangkaan integrated circuit (IC), dan komponen. ”Kami sangat mengharap Pegatron berinvestasi lebih, dan bisa bekerja sama dengan Zyrex Indonesia,” harapnya. 


”Sebuah kebanggaan bisa melanjutkan kerja sama dengan Zyrex. Kami berharap dapat melanjutkan perjalanan ini dan bekerja sama dalam skala lebih dalam,” tegas Peggy Wang, Sales Director Pegatron Corp. (*)