EmitenNews.com—Penyakit jantung dan pembuluh darah masih menjadi top killer disease sebagaimana mengacu pada data di situs BPJS Kesehatan rilis Oktober 2022. Data menyebutkan bahwa cardiovascular diseases masih menjadi perhatian utama Pemerintah dalam aspek pembiayaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). 

 

Ini disebabkan penyakit jantung termasuk kategori katastropik dan menjadi penyakit yang menelan biaya sangat besar dalam program JKN yang sangat membebani Anggaran Negara. 

 

Untuk dapat mengatasi problematika ini, perlu sinergi ragam pihak di industri yang didukung oleh Pemerintah agar dapat mewujudkan program kesehatan jantung dan pembuluh darah secara efektif dalam upaya penghematan anggaran. Kondisi ini menjadi salah satu motif utama PT Selaras Citra Nusantara Perkasa Tbk (SCNP) masuk ke ranah produksi alat kesehatan terkait dengan penyakit jantung dan pembuluh darah, selain untuk mewujudkan dukungan nyata SCNP terhadap Pemerintah akan program kesehatan yang menjadi salah satu prioritas di APBN 2023.

 

Selaras Citra Nusantara Perkasa (SCNP) saat ini dalam tahap produksi Alat Kesehatan Dalam Negeri (AKD) NIVA (Non-Invasive Vascular Analyzer), selanjutnya bersiap masuk ke tahap distribusi. Kegiatan distribusi merupakan ranah supply chain management, upaya yang membutuhkan kemitraan strategis dengan pihak distributor dalam upaya menjangkau pasar sasaran. 

 

Untuk distributorship ini, SCNP siap bermitra dengan PT Selaras Medika Digital Indonesia (SMDI) dan PT Arkan Jaya Nusantara (AJN). Strategi distribusi AKD oleh para distributor akan fokus pada upaya pengembangan jaringan penyedia layanan kesehatan jantung dan pembuluh darah selaku pengguna jasa screening NIVA. Formulasi strategi pemasaran dan penjualan dalam kegiatan distribusi secara umum mencakup langkah-langkah strategis.

 

Secara eksplisit strategi bisnisnya adalah membangun relationship yang baik dan kuat dengan pihak produsen, yang memungkinkan distributor melakukan enrichment terhadap produk alkes yang ditawarkan kepada target market.

 

Perseroan juga mengembangkan jaringan penyedia layanan kesehatan untuk memastikan bahwa perangkat tiba (delivered) ke pengguna akhir dalam kondisi yang baik.

 

Lalu SCNP akan menciptakan strategi pemasaran dan penjualan yang efektif, dalam hal ini mencakup pemanfaatan iklan, social media dan inisiatif promosi lainnya untuk menjangkau para pelanggan potensial.

 

Menyediakan layanan manajemen logistik dan sistem inventaris produk Alkes, mencakup storage (gudang), pengemasan dan pengiriman ke para pelanggan dengan tepat waktu dan efisien.