EmitenNews.com -Kemacetan yang kerap terjadi dari gerbang tol Japek hingga kantor Pemkab Bekasi, Jawa Barat, dan sebaliknya segera terurai dengan dibangunnya fly over Deltamas, Cikarang. Proyek senilai Rp 116,5 miliar yang menggunakan biaya PT Pembangunan Deltamas digarap PT Asri Karya Lestari Tbk ( ASLI ).

Pembangunan flyover yang dimulai pada Maret 2023 telah mencapai 57% pada Desember 2023 dan diperkirakan rampung 30 Maret 2024. Pada Jumat (15/12/2023), dilakukan pemasangan erection steel box girder yang berjalan dengan lancar, disaksikan langsung oleh pimpinan perusahaan Pembangunan Deltamas, Asri Karya Lestari sebagai kontraktor, dan PT Perentjana Djaja sebagai manajemen konsultan.

Flyover yang akan memiliki panjang 700 meter dengan lebar efektif 18 meter dan pondasi bore pile sebanyak 280 titik ini dibangun dengan menggunakan jenis struktur steel box girder .

"Flyover Deltamas diharapkan dapat mengatasi kemacetan dari arah pintu tol menuju Pemda Kabupaten Bekasi dan sebaliknya, dari arah Pemda Bekasi menuju Pintu Tol Japek," ujar Direktur ASLI H. Sudjatmiko dalam siaran pers, Senin (18/12/2023).

Selama proses pengerjaan erection steel box girder, ASLI bekerja sama dengan Komite Keselamatan Konstruksi Kementerian PUPR, Jasa Marga, Dinas Perhubungan, Damkar, Petugas Kepolisian, dan Unit Patroli Jalan Raya untuk menjaga keselamatan pengguna jalan.

Pembangunan flyover boulevard Kota Deltamas ini sebagai antisipasi mengurangi kemacetan seiring rencana dibukanya pusat perbelanjaan Aeon Mall Deltamas. Ini sekaligus mengantisipasi lonjakan arus kendaraan dari kedua arah.

ASLI dipilih karena reputasinya dalam mengerjakan berbagai proyek nasional, seperti pembangunan jembatan South City Pondok Cabe, flyover Pasir Gombong Cikarang, pembangunan jembatan Asulait II di Kabupaten Bellu, NTT, Jembatan Overpass Antelope, Kantor Operasional Cikunir, Kedubes Australia, Gerbang Tol Kebon Bawang, dan lain-lain.

Selain sedang mengerjakan proyek flyover Boulevard Kota Deltamas, ASLI tengah menyelesaikan pembangunan jembatan lengkung Pacongkang kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, jembatan overpass Km 71 Cipularang Kawasan Bukit Indah Purwakarta. Saat ini, ASLI telah mengantongi kontrak pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebesar Rp 100 Miliar.

Di sisi lain, ASLI akan menggelar penawaran umum perdana ( initial public offering /IPO), dengan melepas 1,25 miliar saham baru atau setara 20%. Harga penawaran IPO ASLI Rp 100-Rp 130 per saham, sehingga dana yang dihimpun perseroan maksimal Rp 162 miliar. Perseroan menunjuk PT NH Korindo Sekuritas Indonesia sebagai penjamin dan pelaksana emisi efek IPO ini.

Perseroan akan menggunakan dana IPO untuk setoran modal anak perusahaan PT Bumi Prima Konstruksi dan PT Manyar Perkasa Mandiri sekitar 50,79%. Adapun sisanya akan digunakan untuk modal kerja perseroan yaitu pembayaran material, perlengkapan proyek, gaji serta tunjangan karyawan, dan biaya operasional.