EmitenNews.com - Golden Energy (GEMS) menambah modal entitas usaha USD150 juta. Dana segar tersebut mengguyur Borneo Indobara (BIB), sebagai anak usaha tidak langsung perseroan. Transaksi tersebut telah dipatenkan pada 22 Agustus 2024. 

Dengan pelaksanaan transaksi itu, pinjaman perseroan kepada BIB menjadi Rp2,4 triliun. Melonjak dari periode sebelum transaksi dengan tabulasi hanya Rp2,25 triliun. Artinya, ada tambahan suntikan dana pinjaman sekitar Rp150 miliar alias USD150 juta. 

Selain limit kredit bertambah, durasi waktu pinjaman juga makin lama. Yaitu, pinjaman tersebut berlaku hingga 31 Desember 2027 dari semula 31 Desember 2024. ”Fasilitas itu akan digunakan BIB untuk pengembangan usaha batu bara termasuk proyek infrastruktur, dan prasarananya,” tegas manajemen Golden Energy. 

Transaksi itu, dilakukan sebagai bentuk dukungan perseroan kepada BIB. Maklum, BIB akan mengembangkan usaha termasuk meningkatkan infrastruktur, dan prasarana pendukung. ”Transaksi tidak berpengaruh secara material pada kondisi keuangan perseroan,” imbuhnya. (*)