EmitenNews.com - Pesawat Garuda Indonesia yang menerbangkan jamaah haji Kloter 5 Embarkasi Makassar, mengalami gangguan mesin. Akibatnya, sebanyak 450 jamaah calon haji asal Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan dikembalikan ke Asrama Haji Sudiang, Kota Makassar, Rabu (15/5/2024) sore.

Pesawat yang ditumpangi oleh jemaah kloter 5 tersebut telah lepas landas dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar itu, pada pukul 15.30 Wita. Saat pesawat telah mengudara diketahui terjadi gangguan mesin, sehingga terpaksa kembali ke bandara, dan para jamaah terpaksa dipulangkan kembali ke Asrama Haji Sudiang.

Pukul 17.55 Wita, sebanyak 450 (sembilan di antaranya petugas haji) jamaah haji embarkasi Makassar itu, tiba kembali di Aula Mina, Asrama Haji Sudiang. Mereka diangkut menggunakan enam bus milik DAMRI.

Bagusnya, raut wajah para jamaah setibanya kembali dari bandara, terlihat tidak terlalu panik. Rata-rata terlihat tenang menyikapi keadaan. Malah, sebagian dari mereka nampak tersenyum saat turun dari bus.

Dalam obrolan di antara mereka terdengar: Allah masih sayang sama kita, sambil terus berjalan memasuki ruangan. "Alhamdulillah berkat doa-doa kita semua."

Seperti diketahui PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (GIAA) mengoperasikan 14 pesawat berbadan lebar untuk mengangkut 109.072 jemaah haji pada musim haji 2024.

Kepada pers, Rabu (8/5/2024), Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, para calon jemaah haji ini terbagi ke dalam 292 kelompok terbang (kloter). Merek diberangkatkan dari 9 embarkasi: Banda Aceh, Medan, Padang, Jakarta-Pondok Gede, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Lombok.

Keberangkatan dilakukan bertahap mulai 12 Mei-10 Juni 2024. Keberangkatan menuju Madinah pada 12-23 Mei dan keberangkatan menuju Jeddah pada 24 Mei-10 Juni.

Sementara itu, jadwal pemulangan jemaah akan dilakukan pada 22 Juni-21 Juli 2024. ***