EmitenNews.com -Setelah menjadi buah bibir di khalayak umum, akhirnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) buka suara soal isu dugaan manipulasi laporan keuangan yang dilakukan PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT).

 

Menanggapi hal tersebut, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif dan Bursa Karbon Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Inarno Djajadi menuturkan, pihaknya sedang menelaah laporan keuangan Waskita. 

 

"Tentunya sedang menelaah laporan keuangan Waskita dan WTON," kata Inarno dalam RDKB OJK, Selasa (4/7/2023).

 

Selain itu, OJK juga akan memberikan sanksi jika terjadi pelanggaran pada Waskita Karya. "Tentunya kami tidak akan membedakan itu BUMN atau non BUMN. Kalau terjadi pelanggaran pasti kami berikan sanksi," kata dia.

 

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan akan memberikan sanksi tegas jika terbukti ada manipulasi keuangan di PT Waskita Karya dan PT Wijaya Karya. Dia menyebut akan melimpahkan ke tindakan hukum.

 

Hal ini menurut dia, tak sebatas pada dugaan manipulasi laporan keuangan di Waskita dan Wijaya Karya saja. Tapi juga di semua lingkungan BUMN, termasuk yang pernah terjadi di PT Garuda Indonesia Tbk.

 

"Itu yang saya bilang bahwa ketika ada manipulasi laporan keuangan Garuda pun kita tindak secara pidana," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis, 15 Juni 2023.

 

"Sama juga, kalau ada laporan keuangan yang dipalsu-palsukan tidak hanya di Waskita dan Wika sudah pasti kita akan lakukan yang namanya tindakan hukum keras," imbuh Erick.