EmitenNews.com - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO)  mengumumkan akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 11 Juni 2024. 

Pengumuman ini disampaikan melalui situs web Bursa Efek Indonesia, eAsy.KSEI, dan situs web Perseroan. Agenda meliputi persetujuan rencana pembelian kembali saham (share buyback) dan perubahan komposisi Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan.

Perseroan akan meminta persetujuan dari pemegang saham untuk skema pembelian kembali saham senilai Rp3,2 triliun atau US$200 juta. 

Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan akan meninjau secara berkala rencana ini dan mungkin melakukan perubahan atau penyesuaian jika diperlukan. Informasi lebih detail tentang rencana pembelian kembali saham akan disampaikan kepada pemegang saham sesuai ketentuan yang berlaku.

"Inisiatif share buyback senilai USD200 juta yang kami ajukan merupakan bukti kemajuan yang dicapai oleh GoTo seiring implementasi strategi untuk pertumbuhan lebih cepat serta berkelanjutan. Dengan arus kas yang terus membaik serta adanya nilai yang signifikan pada saham kami, kami percaya bahwa share buyback adalah langkah yang bijak untuk memastikan sumber daya Perseroan dimanfaatkan secara efisien." kata Direktur Utama Grup GoTo, Patrick Walujo, Selasa (21/5/2024).

Sebagai bagian dari agenda RUPS, Perseroan mengajukan John A. Prasetio sebagai Komisaris Independen untuk menggantikan Robert Holmes Swan yang akan mengakhiri masa jabatannya. 

John memiliki pengalaman luas, termasuk sebagai Chairman Ernst & Young Indonesia dan Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia. Ia juga menjabat sebagai Komisaris Utama PT Bursa Efek Indonesia dan penasihat di beberapa institusi.

Selain itu, masa jabatan William Tanuwijaya dan Melissa Siska Juminto di Dewan Komisaris dan Direksi telah berakhir. Andre Soelistyo akan mengundurkan diri dari Dewan Komisaris untuk fokus pada bidang lain.

Patrick menambahkan bahwa seiring pertumbuhan GoTo beberapa tahun terakhir, kepemimpinan Perseroan pun terus berevolusi untuk memastikan Perseroan memiliki gabungan keahlian terbaik untuk perkembangan lebih lanjut. 

“Dengan demikian, merupakan sebuah kehormatan untuk mengajukan John A. Prasetio sebagai Komisaris Independen. Keahlian beliau dalam bisnis serta berbagai pengalaman beliau, termasuk di Bursa Efek Indonesia, akan memberikan nilai tambah bagi Perseroan. Kami berharap dapat bekerjasama dengan beliau dalam beberapa bulan kedepan." ujarnya.

 Sebagai bagian dari mata acara RUPS, Perseroan mengajukan Patrick Sugito Walujo, Direktur Utama Perseroan, sebagai calon pemegang saham Seri B untuk persetujuan pemegang saham independen. 

Sebagai investor awal Perseroan, Patrick memberikan pandangan sebagai pemegang saham dalam pembentukan kebijakan strategis Perseroan dan berperan sebagai pemimpin dalam manajemen GoTo.

Perseroan tidak memiliki rencana untuk menerbitkan saham Seri B baru, sehingga tidak ada dilusi dari kepemilikan pemegang saham eksisting. Perpindahan kepemilikan saham dengan hak suara multipel (SDHSM) hanya dapat dilakukan pada pihak yang telah disetujui sebagai pemegang saham dengan hak suara multipel.

Informasi dan penjelasan lebih lanjut mengenai agenda RUPST dan RUPSLB Perseroan tersedia di situs web Bursa Efek Indonesia, eAsy.KSEI, dan situs web Perseroan.