EmitenNews.com - Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), menggelar donor darah serempak di 16 titik di belasan kota di Indonesia, Jumat (16/8/2024). National Blood Donation 2024 ini, bagian dari rangkaian ulang tahun ke-16 Generali Indonesia untuk saling membantu sesama. Aksi sosial yang melibatkan hampir 2.000 pendonor dan relawan itu, juga merupakan upaya perusahaan untuk mengajak masyarakat lebih sehat. 

Dalam rilis yang diterima Sabtu (17/8/2024), Direktur dan Chief Operation Officer Generali Indonesia, Jutany Japit mengungkapkan, aksi sosial yang dirangkaikan dengan HUT ke-16 perseroan dan HUT ke-79 Kemerdekaan RI itu, serentak berlangsung pada 16 titik di seluruh Tanah Air. Di antaranya Jakarta, Tangerang, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Pontianak, Palangkaraya, Jayapura, Pekanbaru, Palembang, Medan, Malang, dan Cirebon. 

Di kawasan Jabodetabek, kegiatan donor darah diselenggarakan pada 2 titik lokasi yakni di Kantor Pusat Generali Indonesia, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan dan Kantor Pemasaran AG - Jakarta Galaxy Alam Sutera di Ruko Prominence Blok 38 H No.05 Alam Sutera Tangerang.

Aksi sosial yang diikuti oleh ratusan pendonor, mulai dari tenaga pemasar, nasabah hingga masyarakat sekitar itu, turut dihadiri oleh manajemen Generali Indonesia. Di antaranya, Jutany Japit,Direktur dan Chief Operation Officer, Vivin Arbianti Gautama, Chief Marketing & Partnership Distribution dan Netty Chan, Chief Corporate Solution. 

Jutany Japit mengungkapkan, rasa syukurnya sudah 16 tahun Generali Indonesia hadir melindungi hingga lebih dari 400.000 nasabah. Perasaan bersyukur ini diwujudkan melalui kegiatan donor darah yang merupakan bentuk kepedulian nyata antarsesama dan saling memberikan manfaat, baik dari pendonor dan kepada yang menerima donor.

“Acara ini juga bagian dari wujud salah satu nilai yang terus kami wujudkan, Live the Community. Kami ingin terus berkontribusi dan menjadi bagian penting dari masyarakat tempat kami beroperasi,” ungkapnya. 

Data Kementerian Kesehatan RI menunjukkan, ketersediaan darah untuk donor secara ideal adalah 2,5 persen dari jumlah penduduk. Karena itu, Indonesia membutuhkan darah sebanyak 4,9 juta kantong darah, setiap 1 kantong darah bisa menyelamatkan tiga nyawa. 

Mendonorkan darah memiliki berbagai manfaat. Di antaranya, menurunkan risiko penyakit kanker, membantu menurunkan berat badan, mendeteksi penyakit serius, mengurangi penumpukan besi dan mineral dalam darah, menjaga kesehatan mental, dan meningkatkan produksi eritrosit baru. 

Selain itu, penelitian berjudul Cardiovascular risk in 159 934 frequent blood donors while addressing the healthy donor effect, yang terbit pada BMJ Journal menemukan bahwa perempuan yang secara rutin mendonorkan darah akan lebih terlindungi secara jangka panjang terhadap penyakit kardiovaskular. Pasalnya, donor darah melancarkan aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri, sehingga mampu menurunkan risiko serangan jantung sampai 88 persen. 

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah bergabung, semoga kegiatan ini bisa membantu PMI dalam menyediakan kantong darah secara nasional dan membantu menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkan. Kami juga berharap kegiatan ini semakin mengukuhkan komitmen kami untuk terus berperan aktif dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat,” katanya. 

Sebagai rangkaian dari perayaan ulang tahun ke-16 Generali Indonesia, kegiatan donor darah sekaligus menegaskan komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan, bagian dari peran responsible corporate citizen atau sebagai bagian dari warga masyarakat yang bertanggung jawab.

Tentu selain peran lain yang dijalankan sebagai investor yang bertanggung jawab (responsible investor), perusahaan asuransi yang bertanggung jawab (responsible insurer) dan pemberi kerja yang bertanggung jawab (responsible employer). Sesuai komitmen terhadap keberlanjutan tersebut, Generali Indonesia terus melibatkan peran aktif dari seluruh stakeholder agar dapat memberikan dampak lebih besar. (Eko Hilman). ***