EmitenNews.com - Buyung Poetra (HOKI) menyewakan ruang kantor kepada anak usaha kurang dari 1 tahun. Ruang kantor itu, disewakan kepada PT Hoki Distribusi Niaga (HDN). Kantor itu, berada di Pegadungan, Kalideres, Jakarta Berat. 

Perjanjian sewa tersebut berlaku selama 7 bulan sejak 1 Juni 2024 sampai dengan 31 Desember 2024. Alasan perseroan, dan HDN melakukan perjanjian sewa tidak dalam jangka panjang karena manajemen HDN mempertimbangkan untuk menggunakan gudang Bizpark sebagai kantor pusat di masa mendatang. 

Perseroan dan HDN juga telah melakukan transaksi jual-beli Gudang Biz Park sebagaimana telah diungkapkan perseroan dalam Surat Perseroan nomor 001/BPS-DIR/IV/2024 tanggal 1 April 2024 perihal Laporan Keterbukaan Informasi atau Fakta Material sehubungan dengan Penjualan 2 (Dua) Unit Gudang Sedayu Biz Park DM15/15 dan DM15/11 (Gudang Biz Park). 

Sebelum ada perjanjian sewa, dan pembelian Gudang BizPark tersebut, kedudukan operasional HDN berada pada Ruko Peta Barat, dan kedudukan gudang HDN di Gudang Biz Park tersebut. Itu berdasar perjanjian pinjam-pakai bangunan Ruko Lt.2, dan gudung & Bangunan Gudang Green Sedayu Bizpark DM15/15, dan DM15/11.

Nah, untuk mentgenjot kinerja HDN, perseroan menerapkan sejumlah strategi. Yaitu, memperluas daerah dan, jaringan pemasaran. Caranya, HDN terus berusaha untuk memasarkan produk beras, Beras Khusus, dan Beras Analog melalui berbagai jalur distribusi. 

HDN telah bekerja sama dengan berbagai jenis pelanggan, yaitu pelanggan modern trade (pasar modern, supermarket, toko buah modern, dan lain-lain), pelanggan general trade (pasar tradisional, toko sembako, toko khusus beras, dan lain-lain), dan pelanggan e-commerce. 

Dengan adanya strategi untuk melakukan penjualan produk beras, Beras Khusus, dan Beras Analog melalui jalur distribusi yang bervariasi, maka HDN berharap untuk memperluas area pemasaran.

Selanjutnya, HDN terus melakukan riset dan pengembangan produk yang sejalan dengan visi HDN untuk menciptakan produk memiliki manfaat kesehatan, dan dapat meningkatkan profitabilitas HDN. Berikutnya, HDN memperkuat citra merek produk. HDN memahami akan pentingnya kekuatan sebuah merek menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. 

Citra merek akan menonjolkan ciri khas menjadi pembeda dari produk lainnya akan membuat HDN memiliki segmentasi pasar di kelasnya. Si samping kualitas produk menjadi hal yang paling utama. HDN saat ini dikenal sebagai salah satu pelopor dalam beras jagung dan beras singkong di Indonesia sehingga produk yang dijual HDN memiliki keunikan tersendiri.
Preferensi konsumen terhadap pemilihan makanan cenderung mengutamakan rasa dibandingkan kesehatan dan lebih memilih produk kesehatan seperti obat-obatan dan multivitamin. Sebaliknya, preferensi konsumen terhadap makanan sehat juga memiliki stigma bahwa rasa makanan sehat cenderung tidak enak. 

Oleh karena itu, HDN secara aktif meningkatkan pemasaran dengan membangun perspektif kepada konsumen bahwa produk Beras Khusus dan Beras Analog HDN termasuk dalam kategori makanan sehat karena tinggi serat dan bebas gula serta memiliki tekstur pulen dan harum. 

HDN senantiasa berusaha untuk menjalankan langkah-langkah proaktif untuk menekan biaya operasi. ”Itu untuk mempertahankan profitabilitas dengan meluncurkan, dan berinvestasi dalam inisiatif penghematan biaya. Misalnya, membuat sendiri produk, dan mengimplementasikan proses kerja memiliki efisiensi lebih tinggi,” ucap Muliati, Direktur Buyung Poetra. (*)