EmitenNews.com - PT Bank Tabungan Negara (BBTN) terus mendorong pengembangan digital banking. Itu penting untuk membangun digital mortgage ecosystem dalam proses pembiayaan perumahan. Untuk mendukung itu, Bank BTN meluncurkan website e-Mitra Operations bisa diakses melalui alamat emitra.btn.co.id. 


Direktur IT & Digital Bank BTN, Andi Nirwoto mengatakan, website e-Mitra Operation diluncurkan untuk mendukung proses standardisasi pemrosesan kerja sama dengan mitra rekanan. Mulai persyaratan, prosedur registrasi, hingga pembinaan dalam pelaksanaan kerja sama. Mitra Bank BTN bisa memanfaatkan e-Mitra Operation yaitu rekanan penunjang perkreditan atau pembiayaan dengan jumlah sekitar 4.500 mitra.


Jumlah mitra cukup banyak itu, terdiri dari notaris atau Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT), Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP), Kantor Akuntan Publik (KAP), Konsultan Pengawas, Perusahaan Asuransi dan Balai Lelang. ”Website e-Mitra Operation itu, bentuk keseriusan Bank BTN membuat ekosistem digital perumahan agar masyarakat menjadi mudah mengakses kepemilikan perumahan,” tutur Andi, Minggu (17/4). 


Ada lima tujuan e-Mitra Operations diluncurkan. Pertama, standardisasi dalam memberi kejelasan prosedur, tugas, wewenang, maupun peran masing-masing pihak terlibat setiap proses kesepakatan perjanjian kerja sama. Kedua, mendorong transparansi melakukan review terhadap mitra rekanan kerja sama sehat, dan mandiri. 


Kemudian ketiga, memudahkan monitoring, dan review kinerja masing-masing pihak secara langsung, dan berkelanjutan. Keempat, melakukan sentralisasi. Di mana, seluruh proses registrasi, review, monitoring, dan pembinaan mitra rekanan dilakukan secara terpusat. Dan kelima, memudahkan mitra rekanan melaporkan hasil pekerjaan.


Salah satu faktor terbentuknya kualitas kredit baik proses bisnis didukung rekanan baik, dan berkualitas. Diharap adanya e-Mitra Operations komunikasi antara pihak bank, dan mitra rekanan menjadi lebih baik karena keseluruhan proses dilakukan secara digital, dan tersistem. ”Notaris, PPAT, dan KJPP dengan e-Mitra Operations, proses registrasi dapat dengan mudah dilakukan secara digital, dapat diakses dimanapun, dan kapanpun,” tegasnya. 


Selain itu, terciptanya kanal komunikasi dengan bank selalu terbuka sehingga dapat menerima notifikasi order pekerjaan atau notifikasi mengenai monitoring kinerja berdampak kepada lancarnya aktivitas pekerjaan Notaris, PPAT, dan KJPP. Sedangkan untuk calon debitur Bank BTN akan mudah mendapat jasa notaris, KJPP telah memiliki klasifikasi sesuai ketentuan bank, dan profile lengkap mengenai informasi Notaris, PPAT, dan KJPP. (*)