EmitenNews.com - PT Bank Tabungan Negara (BBTN) menyabet penghargaan sebagai Best Asia’s Transformation Bank tahun 2022. Award itu, diperoleh alam ajang Euromoney Awards of Excellence 2022. Dalam ajang gelaran Euromoney, Majalah Ekonomi ternama Eropa itu, Bank BTN dinilai telah menjalani transformasi dengan baik, dan fokus pada perluasan bisnis berbasis ekosistem perumahan.


Sebagai bank yang fokus pada perumahan di Indonesia, dengan KPR mencapai 89 persen dari portofolio kredit, Bank BTN bertindak sebagai akselerator Program Sejuta Rumah diinisiasi pemerintah sejak 2015 sebagai solusi backlog perumahan nasional diperkirakan mencapai 11,4 juta rumah. 


Menurut Euromoney, Bank BTN dinilai pada posisi tepat menjadi mitra pemerintah dalam mengurangi backlog perumahan, tetapi peran tersebut sempat terhambat Covid-19. Di mana, pandemi mendisrupsi aktivitas ekonomi, menurunkan daya beli masyarakat, mengurangi permintaan KPR, dan kemampuan membayar angsuran. Itu berdampak pada rasio kredit bermasalah, likuiditas ketat, dan lonjakan biaya dana.


Euromoney mengapresiasi Bank BTN telah mencanangkan program transformasi dengan visi menjadi Best Mortgage Bank Asia Tenggara pada 2025. Dalam mewujudkan posisi itu, Bank BTN menjalankan setidaknya lima hal. Meliputi repricing dana pihak ketiga dengan melakukan rekomposisi pendanaan lebih fokus ke dana murah, dan pengembangan produk tabungan baru. Kemudian mengembangkan pinjaman untuk segmen milenial mengembangkan bisnis sepanjang rantai pasok perumahan, membangun ekosistem digital mortgage, membangun sentralisasi proses operasional, dan memperkuat permodalan.


Euromoney menggarisbawahi beberapa langkah transformasi yang dijalani Bank BTN telah menunjukkan hasil. Di antaranya produk Tabungan BTN Investasi, dan Tabungan BTN Bisnis baru diluncurkan dapat membantu mengurangi biaya dana mahal. Selain itu, sebut Euromoney, model operasional kantor cabang telah diubah untuk lebih berorientasi pada peningkatan jumlah simpanan, dan fokus pada emerging affluent. Itu sudah terlihat pada peningkatan rekening giro dan tabungan, tumbuh 21,5 persen secara tahunan. 


Euromoney menambahkan, kemitraan strategis terus dibangun BTN dengan berbagai lembaga/instansi atau perusahaan lain dalam rantai bisnis real estate, dan untuk menjangkau segmen millenial. Selain itu, proses digitalisasi berkembang pesat, dengan akuisisi seluler naik 55 persen pada 2021, dan volume transaksi 73 persen (yoy).


”Masih banyak harus dilakukan, namun upaya Bank BTN di bawah Direktur Utama Haru Koesmahargyo patut diapresiasi tahun ini,” puji Editor Euromoney dalam ulasan Best Asia’s Transformation Bank 2022.


Merespons itu, Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo mengaku apresiasi Euromoney salah satu pengakuan yang akan pemicu semangat Bank BTN dalam menjalankan amanah sebagai mitra pemerintah dalam mengurangi backlog perumahan. Penghargaan itu, tidak akan diraih tanpa kerja keras seluruh pegawai Bank BTN, dukungan pemerintah, dan para stakeholder. ”Sejumlah program yang kami jalankan beberapa tahun terakhir masih on track dalam mewujudkan misi menjadi Best Mortgage Bank. Kami terus melakukan inovasi, beradaptasi dengan dinamika bisnis perbankan maupun properti untuk memberikan layanan terbaik baik masyarakat,” pungkas Haru. (*)