EmitenNews.com - Gempa bermagnitudo 6.0 mengguncang wilayah Halmahera Barat, Maluku Utara, Selasa (5/4/2022). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa bumi pada pukul 08:44:06 WIB itu, dipastikan tidak berpotensi tsunami. Meski begitu, BMKG juga mengingatkan warga agar tetap berhati-hati terhadap gempa bumi susulan.


Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan lokasi gempa berada 2.11 Lintang Utara dan 126.97 Bujur Timur. Pusat gempa berada di laut 109 kilometer Barat Laut Halmahera Barat dengan kedalaman 10 kilometer.


Gempa dirasakan warga Galela dengan skala III dan IV MMI. Itu berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah seakan-akan ada truk berlalu.


Gempa juga dirasakan warga Tobelo dengan skala III MMI. Artinya gempa dirasakan pada siang hari oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.


Melalui situsnya, BMKG mengingatkan, meski tidak berpotensi tsunami, warga diminta untuk berhati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi. ***