EmitenNews.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan penghentian sementara (suspensi) atas perdagangan saham PT Tanah Laut Tbk. (INDX) karena lonjakan harga yang cukup signifikan.


Saham INDX selama satu bulan telah meolnjak 147,31 persen atau 274 poin dari level Rp186 per saham pada 22 Februari ke level Rp460 pada penutupan kemarin, Senin 21 Maret 2022.


Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI Lidia M Panjaitan menuturkan, dihentikannya perdagangan saham INDX tersebut karena telah terjadi peningkatan harga kumulatif yang signifikan.


"Oleh karena itu dalam rangka cooling down, BEI memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan saham INDX, pada perdagangan tanggal 13 Januari 2022,"tegasnya.


Lidia menyebutkan bahwa penghentian sementara perdagangan Saham INDX tersebut dilakukan di Pasar Reguler dan Pasar Tunai, dengan tujuan untuk memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasinya di saham INDX.


"Kepada para pihak - pihak yang berkepentingan diharapkan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh Perseroan,"terangnya.


Sebelumnya PT Tanah Laut Tbk.(INDX) telah di pantau oleh BEI dengan UMA pada 18 Maret 2022, lantaran terjadi peningkatan harga yang di luar kebiasaan (Unusual Market Activity/UMA). Lantaran INDX telah melonjak 44,14 persen selama 5 hari bursa, dari Rp222 per saham pada 11 Maret dan pada penutupan kemarin 17 Maret 2022 sudah bertengger di level Rp320 per saham atau melonjak 98 poin.