EmitenNews.com - PT Inti Bangun Sejahtera Tbk (IBST) memperkirakan, sepanjang Semester II-2024 perseroan bisa berkontribusi sekitar 3-4 persen terhadap total pendapatan PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR).

Direktur Utama IBST, Ramadhan Kurnia Nusa menyampaikan, pada awal Juli 2024, TOWR melalui anak usahanya, PT iforte Solusi Infotek (iForte) telah mengakuisisi IBST dengan kepemilikan saat ini mencapai 99,98 persen.

"Berdasarkan estimasi kami, sampai sekarang ini untuk satu semester di 2024 atau semester terakhir di 2024, pendapatan kami akan berkontribusi sekitar 3-4 persen terhadap total pendapatan TOWR," kata Ramadhan saat pelaksanaan Public Expose di Jakarta, Jumat (25/5).

Dia menjelaskan, proyeksi kontribusi pendapatan sebesar maksimal 4 persen itu mempertimbangkan bahwa pelaksanaan akuisisi IBST ke dalam grup PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) tersebut dilakukan pada 1 Juli 2024. "Jadi pastinya kontribusi pendapatan IBST kepada TOWR akan terhitung mulai Semester II-2024," ujar Ramadhan.

Seperti diketahui, pada Tahun Buku 2023, TOWR mencatatkan perolehan pendapatan sebesar Rp11,74 triliun atau bertumbuh 6,34 persen (year-on-year). Sementara itu, pada Semester I-2024 total pendapatan TOWR senilai Rp6,15 triliun atau meningkat 6,4 persen (y-o-y).

Lebih lanjut Ramadhan memaparkan, pelaksanaan akuisisi terhadap IBST telah menciptakan peluang besar untuk membentuk sinergi dan integrasi di dalam Protelindo Group. "Tujuan dari sinergi dan integrasi ini untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional kami," imbuhnya.

Ramadhan meyakini, integrasi ke dalam Protelindo Group akan memperkuat posisi kompetitif bagi IBST di pasar, serta mampu memberikan nilai tambah bagi seluruh stakeholders. "Dengan strategi ini, kami meyakini bahwa perusahaan akan terus bertumbuh di tengah tantangan industri telekomunikasi yang semakin kompetitif," paparnya.