EmitenNews.com - Perusahaan asal Jepang, Idemitsu Kosan Co,Ltd telah melepas seluruh saham PT Mitrabara Adiperdana Tbk (MBAP) atau  30 persen kepemilikannya pada 30 Maret 2022.

 

Chandra Lautan Sekretaris Perusahaan PT Mitrabara Adiperdana Tbk (MBAP) dalam keterangan resmi hari ini Jumat (1/4) memaparkan, Idemitsu Kosan Co,Ltd yang bukan sebagai pengendali telah menjual sebanyak 368.181.600 saham atau 30 persen kepemilikannya di MBAP pada harga Rp1.170 per saham.

 

Chandra Lautan menambahkan, alasan Idemitsu menjual saham MBAP  untuk mengalihkan kegiatan utamanya dari usaha batu bara menjadi usaha energi terbarukan. "Sehingga, meskipun Idemitsu akan tetap melanjutkan usaha batu baranya yang ada di Indonesia, Idemitsu memutuskan untuk melepaskan seluruh kepemilikan sahamnya dalam PT Mitrabara Adiperdana Tbk,"kata Chandra.

 

Dari hasil penjualan saham MBAP Idemitsu ditaksir mengantongi dana sekitar Rp439,77 miliar. Pasca pelepasan saham itu, Idemitsu sudah tidak lagi memiiki saham MBAP atau nihill.