EmitenNews.com-IHSG berpotensi uji critical level 7050 yang bertepatan dengan MA10 dan MA20 di Rabu (22/6). Konfirmasi rebound ke atas 7050 mengindikasikan potensi rebound lanjutan ke kisaran 7080-7100 di Rabu (22/6).


"Proyeksi tersebut didukung terbentuknya golden cross pada Stochastic RSI di oversold area dan potensi golden cross pada MACD," kata Valdy Kurniawan Analis Phintraco Sekuritas, kepada EmitenNews.com.


Aksi beli selektif pada sejumlah saham bluechip oleh investor asing diperkirakan berlanjut di Rabu (22/6). Saham bank dan komoditas, terutama coal producers dapat kembali diperhatikan untuk perdagangan Rabu (22/6).


Saham bank ditopang oleh adanya keyakinan bahwa Bank Indonesia akan kembali mempertahankan sukubunga acuan sebesar 3.5% dalam RDG pada 23 dan 24 Juni 2022. Pasalnya, BI diperkirakan kembali menaikan Giro Wajib Minimum (GWM) di awal Juli 2022, menyusul kenaikan di Maret dan Juni 2022.


Sementara saham-saham komoditas ditopang oleh kenaikan harga komoditas, terutama batubara menyusul rencana sejumlah negara di Eropa untuk mengaktifkan kembali PLTU. Hal ini dipicu oleh adanya masalah pasokan gas alam dari Rusia yang selama ini menjadi salah satu sumber energi negara-negara di Eropa.


Oleh sebab itu, saham-saham yang dapat diperhatikan di Rabu (22/6), meliputi ADRO, PTBA, ITMG, BBNI, BJBR, ANTM, INCO dan TINS.