EmitenNews.com - IHSG pada perdagangan kemarin di BEI harus puas melemah -0,52% atau -40,288 basis point ke level 6.616,029. Dengan total nilai transaksi sebesar Rp 11,36 triliun dan investor asing tercatat jual bersih (net sell) sebesar Rp678,4 miliar di seluruh pasar.


Perkembangan pergerakan IHSG terlihat masih memiliki potensi tekanan yang lebih besar dibanding dengan keinginan naiknya, masih minimnya sentimen yang dapat mendongkrak kenaikan IHSG yang diakibatkan oleh perlambatan perekonomian, merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pola gerak IHSG.


“Selain dari pada itu belum terdapatnya kenaikan arus capital inflow yang cukup signifikan serta dengan potensi adanya pembalikan arah dari harga komoditas yang sudah mengalami kenaikan cukup tinggi membuat pasar bergerak lebih konsolidatif, hari ini IHSG berpeluang melemah,” kata William Surya Wijaya CEO Indosurya Bersinar Sekuritas pada riset hariannya, Selasa (16/11/2021).


IHSG diperkirakan bakal bergerak pada range support di level 6589 dan resistance di 6713. Indosurya Bersinar Sekuritas merekomendasikan buy untuk saham-saham seperti Bank BCA (BBCA), Telkom (TLKM), Pakuwon Jati (PWON), Indofood CBP (ICBP), Astra International (ASII), Tower Bersama Infrastructure (TBIG), Bumi Serpong Damai (BSDE) dan Kalbe Farma (KLBF).