EmitenNews.com - IHSG hari ini diperkirakan bergerak sideway di rentang 6580-6630 pada perdagangan hari terakhir 2021 (30/12).


"Dengan demikian IHSG berpeluang mempertahankan kecenderungan menguat setiap bulan Desember dalam 20 tahun terakhir," ulas analis saham Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan.


Secara teknikal, proyeksi penguatan IHSG tersebut didukung terbentuknya pola doji star dan indikasi overbought oleh Stochastic RSI.


Dari data ekonomi, Valdy memperkirakan pelaku pasar akan cenderung bersikap wait and see terhadap rilis data sektor tenaga kerja AS (30/12), indeks manufaktur Tiongkok (31/12), dan sejumlah data ekonomi domestik (3/1). Antara lain, indeks manufaktur dan inflasi Desember 2021 (3/1).


Masih dari dalam negeri, pelaku pasar juga mengantisipasi perkembangan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia di tengah potensi peningkatan mobilitas masyarakat di akhir pekan ini. 


Terkait dengan itu Phintraco Sekuritas merekomendasikan pelaku pasar untuk memperhatikan saham-saham dengan potensi rebound, seperti INDF, MIKA, HEAL, AKRA dan EXCL pada perdagangan Kamis (30/12) ini.(fj)