EmitenNews.com-IHSG cenderung tertahan di bawah resistance kuat 7200 di Jumat (2/9). Sehingga, IHSG berpotensi kembali bergerak fluktuatif di kisaran support 7080 dan resistance 7200 pada perdagangan Senin (5/9).


Dari eksternal, pelaku pasar masih menantikan perilisan data ketenagakerjaan AS di Jumat (2/9) waktu setempat. U.S Non Farm Payrolls diperkirakan turun ke 300 ribu di Agustus 2022 dari 528 ribu di Juli 2022. Sementara itu, U.S Unemployment Rate diperkirakan tetap berada di 3.5% di Agustus 2022. Hasil dari kedua data tersebut dapat memperkuat indikasi The Fed dalam mempertahankan agresivitas kenaikan sukubunga acuan untuk meredam kenaikan inflasi.


Masih dari eksternal, sejumlah negara akan merilis data indeks manufaktur bulan Agustus seperti Tiongkok, Jerman, Kawasan Eropa, Inggris dan AS. Indeks manufaktur dari mayoritas negara tersebut diperkirakan turun dibawah batas level ekspansi yakni 50.


Dari domestik, pelaku pasar masih mengantisipasi pengumuman kebijakan penyesuaian harga BBM subsidi yang diperkirakan dalam waktu dekat ini. Sebelumnya, BPH Migas mengajukan draft aturan pembatasan pembelian BBM jenis Pertalite. Salah satunya adalah penyempitan kriteria kendaraan bermotor roda 4 dari 1500 cc kebawah menjadi 1400 cc kebawah.


Oleh sebab itu, perhatikan sejumlah saham yang berpeluang rebound dari support level, seperti UNVR dan AGRO. Serta perhatikan potensi rebound lanjutan seperti INDF, ICBP, TLKM, TBIG, MTEL dan MAPI.