EmitenNews.com - Rebound IHSG diperkirakan berlanjut pada perdagangan Rabu (8/12), dengan menguji 6630. Potensi rebound lanjutan tersebut didukung terbentuknya golden cross pada Stochastic RSI dan MACD, bersamaan dengan rebound Selasa (7/12).


Analis Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan memperkirakan saham-saham bank akan kembali kembali menjadi penggerak IHSG pada perdagangan hari ini.


"Kenaikan cadangan devisa Indonesia sebesar 0.27% menjadi USD145.9 miliar per akhir November 2021 memicu rebound nilai tukar rupiah sebesar 0.42% ke level Rp14,375 per USD pada Selasa sore," katanya.


Sebagai informasi, kondisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 8.3 bulan impor. Jauh di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan.


Katalis positif lainnya diperkirakan berasal dari keputusan Pemerintah untuk membatalkan rencana penerapan PPKM Level 3 secara nasional di akhir Desember 2021.


"Oleh sebab itu, pelaku pasar dapat mencermati saham-saham bank, terutama BBCA, BBNI, BBRI dan BMRI," tambah Valdy. Saham-saham yang berkaitan dengan mobilitas masyarakat, seperti ASII, JSMR, BSDE, CTRA, MAPI dan ACES menurutnya juga dapat diperhatikan pada hari ini.(fj)