EmitenNews.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) memasuki Oktober  dengan koreksi. Indeks terpangkas 0,92 persen atau 58,1 poin ke posisi 6.228. Dan, sepanjang pekan lalu Indeks menanjak 1,37 persen, dari pekan sebelumnya di level 6.144.


Perosotan indeks awal Oktober 2021 itu, ditingkahi aksi jual bersih investor asing senilai Rp10,515 triliun. Namun, kalau dikalkulasi sepanjang tahun ini, investor mancanegara masih mencatat beli bersih Rp15,994 triliun.


Mengawali kuartal yang keempat perkembangan pergerakan IHSG terlihat sedang kembali pada rentang konsolidasi wajar pasca mengalami kenaikan pada beberapa waktu sebelumnya, ujar William Surya Wijaya selaku Analis Indo Surya Bersinar Sekuritas, Senin (4/10/2021).


“Adapun secara teknikal William mengatakan hari ini IHSG berpotensi melemah pada rentang support di level 6123 dan level resistance masih terjaga di 6336". 


Sedangkan gelombang tekanan yang sedang terjadi terlihat belum akan berakhir, hal ini terlihat dari masih minimnya sentimen ditambah dengan kondisi perlambatan perekonomian yang masih berlangsung, fluktuasi harga komoditas serta nilai tukar Rupiah juga belum akan memberikan pengaruh terhadap pola gerak IHSG.



Saham-saham pilihan dari IBS yang dapat dicermati oleh para pelaku pasar pada awal bulan ini adalah Alam Sutera Realty (ASRI), Indo Tambangraya Megah (ITMG), Jasa Marga (JSMR), Tower Bersama Infrastructure (TBIG), Astra Agro Lestari (AALI), Bank BRI (BBRI) dan Adhi Karya (ADHI).