EmitenNews.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi melanjutkan tradisi positif. Indeks kali ini, akan mengorbit area support 7.220, dan resistance 7.360. Menilik data itu, Pilarmas Investindo sekuritas menjagokan sejumlah saham berikut. 

Bank Mandiri (BMRI) dengan proyeksi harga Rp7.000 per lembar. Barito Energy (BREN) dengan target harga di kisaran Rp9.400 per eksemplar. Dan, PT Bukit Asam (PTBA) dengan proyeksi harga melonjak ke level Rp2.730 per lembar. 

Di sisi lain, Pemerintah terus mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Itu mengingat UMKM sebagai kontribusi ekonomi Indonesia. Salah satu dukungan itu, berupa kebijakan restrukturisasi kredit. Kebijakan itu, karena kontribusi UMKM sangat besar bagi roda perekonomian nasional. Di mana, pada 2023 UMKM mencapai 66 juta. 

Kontribusi UMKM mencapai 61 persen dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia alias setara Rp9.580 triliun. Selain itu, UMKM menyerap sekitar 117 juta pekerja alias 97 persen dari total tenaga kerja. Oleh karena itu, untuk mendukung pertumbuhan UMKM, pemerintah memperpanjang restrukturisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR). 

Perpanjangan itu, untuk membantu UMKM masih butuh dukungan, mirip upaya selama pandemi Covid-19, sehingga ini memberi nafas bagi para pelaku UMKM. Perpanjangan restrukturisasi UMKM itu, akan diatur secara teknis Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kebijakan itu, juga sebagai upaya pemerintah mencegah kredit macet segmen KUR. (*)