EmitenNews.com - PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) telah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (”Rapat”) pada hari Kamis, 28 Maret 2024. 

RUPST  membahas dan menyetujui lima mata acara termasuk diantaranya pengesahan Laporan Keuangan Perseroan Tahun Buku 2023, penetapan pembagian dividen final kepada pemegang saham dan persetujuan atas perubahan susunan Direksi dan Dewan Komisaris Perusahaan.

 

Manajemen ITMG dalam keterangan resmi Kamis (28/3) menyampaikan bhawa Rapat menyetujui Laporan Tahunan Perseroan Tahun Buku 2023, termasuk Laporan Keberlanjutan 2023 dan Laporan Pengawasan Dewan Komisaris.

Selain itu, Rapat menyetujui dan menetapkan penggunaan laba bersih Perseroan Tahun Buku 2023 yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk yang tercatat sebesar USD500 juta.

RUPST memutuskan untuk menetapkan total dividen tunai kepada pemegang tahun buku 2023 sebesar atau Rp4.407 per lembar saham, Nilai itu setara dengan rasio pembayaran sebesar 65% dari laba bersih Perseroan Tahun Buku 2023.

 

Sebelumnya ITMG telah membagikan dividen interim Sebesar USD199 juta atau setara dengan Rp2.660 per saham pada tanggal 22 September 2023. Sedangkan sisanya sebesar USD126 juta atau setara dengan Rp1.747 per saham berdasarkan kurs JISDOR Bank Indonesia tertanggal 28 Februari 2024 akan didistribusikan dalam bentuk dividen tunai kepada pemegang saham pada tanggal 25 April 2024. 

Adapun sisa keuntungan bersih Perseroan akan ditambahkan pada Laba Ditahan guna mendukung bisnis Perseroan.

Selanjutnya Rapat menyetujui perubahan susunan Direksi dan Dewan Komisaris mengangkat Bapak Sinon Vongkusolkit dan Bapak Jamon Jamuang, masing masing sebagai Komisaris Perusahaan. 

Selain itu Perusahaan juga mengangkat Bapak Niwat Boonyad sebagai Direktur Perusahaan dan Bapak Narin Sampattanavorachai sebagai Direktur Perusahaan menggantikan Bapak Chum Ramsiri.