EmitenNews.com - Indosat Ooredoo (ISAT) mendukung transformasi digital Kota Surakarta. Itu sebagai kelanjutan dari peluncuran layanan 5G. Kerja sama berkelanjutan pemulihan ekonomi Kota Surakarta itu, bertajuk Program Kampung Digital (PKD).


Program itu, menghubungkan masyarakat dengan Pemerintahan Kota Surakarta. Terhubung melalui saluran informasi terpercaya, diterima secara langsung, bersamaan, dan mendukung komunikasi dua arah. Kampung Digital diwujudkan melalui instalasi ratusan perangkat layar pintar termasuk high speed modem, dan paket data selama satu tahun, pada posko RT serta balai desa. 


Sumber informasi menggunakan Sistem Informasi Pintar (SI Pintar) tersentralisasi. Di mana, pengelolaan, dan pengawasan dilakukan pemerintah Kota Surakarta. Sistem informasi digital itu, terintegrasi ke banyak aspek bidang kebutuhan masyarakat kota. Misalnya, sosial, ekonomi, seni budaya, informasi, dan kebijakan pemerintahan kota beserta jajaran dinasnya.


Peresmian PKD bersamaan dengan teken kesepakatan bersama untuk pemulihan ekonomi. Teken kesepakatan dilakukan Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha, dan Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka di Balai Tawang Arum, Kantor Walikota Surakarta. ”Kami sangat senang dapat mendukung transformasi digital Kota Solo,” tutur Vikram Sinha.


Kerja sama berkelanjutan itu, akan berdampak pada pemulihan ekonomi kota. Impian itu, tidak akan terwujud tanpa dukungan, dan komitmen Wali Kota Solo. ”Kami berharap dengan beberapa inisiatif ini mempercepat pemulihan ekonomi, memaksimalkan potensi masyarakat, dan pemerintahan Surakarta,” harap Vikram.


Implementasi SI Pintar akan menggunakan skema sentralisasi informasi dari pusat informasi pintar Kominfo Pemkot Solo. Konten informasi disesuaikan kebutuhan. Baik berformat video, gambar, tulisan, maupun situs, akan ditransmisi melalui sistem berbasis cloud. Informasi itu, akan diterima secara bersamaan pada layar TV pintar pada titik kumpul warga. Performa dapat dipantau sebagai upaya evaluasi, dan analisis melalui pusat informasi pintar berbasis teknologi cloud. Seluruh skema penyampaian konten informasi itu, didukung penuh koneksi internet Indosat Ooredoo.


PKD merupakan lanjutan dukungan Indosat untuk pemulihan ekonomi bagi Kota Surakarta yang sebelumnya telah menghadirkan teknologi 5G, festival seni dan budaya, pemberdayaan UMKM lewat Rasa Solo, dan dukungan percepatan program vaksinasi untuk lansia. 


Selanjutnya,  Indosat akan mendukung pendidikan talenta digital via program Local Content Creator Camp dan IDCamp AR Class, pelatihan transformasi digital bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), dan UMKM Go Digital. ”Masih akan ada lagi program-program seperti Collabonation, dan augmented reality, yang akan diakselerasi tahun depan,” tegas Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka. (*)