EmitenNews.com - Mari berkenalan dengan Widiyanti Putri Wardhana. Pengusaha di bidang energi dan agrobisnis ini, termasuk salah satu dari 49 tokoh yang menjadi calon kuat menteri di era pemerintahan Prabowo Subianto 2024-2029. Jebolah Pepperdine University, Malibu, California, Amerika Serikat ini, termasuk yang merapat ke kediaman Prabowo, Senin (14/10/2024) sore. Ia digadang-gadang mengisi posisi menteri pariwisata.

Darah pengusaha mengalir kuat dalam Widiyanti Putri Wardhana. Informasi yang dikumpulkan Selasa (15/10/2024), perempuan pengusaha yng menyukaiduniafshion ini, sudah malang melintang selama lebih dari 30 tahun di sejumlah industri. Ia adalah putri dari konglomerat Wiwoho Basuki Tjokronegoro, pemilik Teladan Group yang lama berkecimpung di sektor energi dan batu bara melalui PT Indika Energy Tbk, PT Cirebon Elektrik Power, dan PT Kieco Jaya Agung.

Suaminya adalah Wishnu Wardhana, Direktur Utama PT Indika Energy Tbk (INDY) periode 2007-2017, posisi yang kini diduduki oleh Arsjad Rasjid, yang juga ketua umum Kadin Indonesia 2021-2026.

Meski begitu setelah mengantongi gelar Bachelor of Science di Bidang Administrasi Bisnis Pepperdine University, AS, Widiyanti sempat berkarier di perbankan sebelum akhirnya nyemplung ke dunia agribisnis.

PT Teladan Resources (Teladan Group) yang menjadi induk investasi sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang agribisnis, energi, industri, properti hingga media adalah jaringan usaha yang didirikan sang ayah, Wiwoho Basuki Tjokronegoro, pengusaha sukses sejak era Orde Baru.

Laman Teladan Resource menyebutkan, Widiyanti saat ini menjabat sebagai direktur (COO) perusahaan. Ia juga pernah menjabat sebagai direktur perusahaan sawit PT Teladan Prima Agro (TPA) pada 2012 hingga 2021, sebelum dipercaya menjadi komisaris perusahaan.

Salah satu perusahaan yang terafiliasi dengannya adalah PT Teladan Prima Agro Tbk. (TLDN). Bisnis utama perusahaan ini adalah perkebunan kelapa sawit dan pabrik pengolahan CPO. Melalui anak usahanya, PT Daya Lestari, TPA mengolah limbah sawit menjadi bahan bakar turbin listrik (biomassa) dan menjual listriknya ke PLN. 

Widiyanti Putri Wardhana juga menjabat sebagai Komisaris di beberapa anak usaha PT Teladan Prima Agro sejak tahun 2013. Ia pernah menduduki kursi Komisaris PT Teladan Agro Resources pada 2007 – 2012. 

Selain bisnis, Widiyanti Putri Wardhana juga tercatat menggeluti aktivitas sosial kemasyarakatan. Ia seorang filantropis berdedikasi, yang sampai kini menduduki posisi penting di berbagai yayasan, yang mendukung berbagai tujuan sosial. Di antaranya, perawatan kesehatan, pendidikan, seni dan budaya, hingga inisiatif pemberdayaan anak dan perempuan.

Widiyanti kini tercatat sebagai Ketua Yayasan Teladan Utama, dan Pengawas Yayasan Kawula Madani. Ia juga Sekretaris Jenderal Yayasan Jantung Indonesia untuk periode 2018 - 2024. (dari berbagai sumber). ***