EmitenNews.com -PT Intermedia Capital Tbk (MDIA) mengalokasi belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp120 miliar untuk tahun 2023.

 

Dana belanja modal tersebut akan digunakan untuk memaksimalkan Analog Switch-Off (ASO) alias migrasi dari siaran TV analog ke TV digital.

 

Untuk belanja modal tahun ini, MDIA akan difokuskan untuk pendanaan ASO. Hal tersebut seperti yang tertuang pada pasal 60 A Undang-Undang nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja, sebagai pembaharuan dari Undang-Undang nomor 32 tahun 2002 tentang Penyiaran.

 

Manajemen perusahaan mengungkapkan nominal maksimal belanja modal yang akan digelontorkan adalah Rp180 miliar, namun akan diberikan bertahap sampai 2024 mendatang. Tapi secara total bisa Rp 180 miliar tapi itu bertahap sampai 2024. Lalu sekitar Rp 30 miliar dialokasikan untuk mengendalikan konten TV.

 

Program migrasi TV analog ke digital alias analog switch-off (ASO) juga dinilai memberikan tantangan. Pasalnya ini berkaitan pendapatan iklan TV free-to-air (FTA).

 

Sehingga, TV FTA MDIA harus memanfaatkan momentum ASO yang membuka ruang bagi TV FTA untuk menciptakan nilai tambah layanannya agar tetap memiliki daya saing dalam ekosistem media di tengah menjamurnya layanan Over-The Top (OTT).