EmitenNews.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini Selasa, 19 April 2022 akan bergerak sideways cenderung menguat. Itu menyusul gerak  bursa Asia mulai mengaspal zona hijau. Selain itu, para investor akan memperhatikan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) hari ini.


RDG BI akan membahas kenaikan tingkat suku bunga diperkirakan tetap di level 3,5 persen. ”So, IHSG akan bergerak pada level support 7.250, dan resisten 7.290,” tutur Alwin Rusli, Research Analyst Reliance Sekuritas.


Pergerakan IHSG pada perdagangan kemarin masih belum dapat menembus resisten terbentuk pada level 7.283. Selama itu belum terjadi, masih ada ancaman untuk bergerak reversal. Sejumlah saham berpotensi naik perdagangan hari ini antara lain ASLC, ESSA, BMHS, INCO, BNGA, IMJS, MDKA, INCO, dan MPMX.


Kemarin IHSG berbalik menguat 0,55 persen menjadi 7.275,28. Penguatan IHSG ditopang sektor material dasar surplus 2,62 persen, transportasi menguat 1,90 persen, dan properti menanjak 1,34 persen. Investor asing masih membukukan net buy Rp619,52 miliar dengan saham-saham paling banyak diburu MDKA, BEBS, dan ASII.


Bursa saham Amerika Serikat (AS), Wall Street ditutup negatif. Pelemahan terjadi didorong kekhawatiran investor terhadap laporan pendapatan perusahaan berpotensi terdampak inflasi AS tinggi. Pagi ini, bursa Asia bergerak cukup positif. Indeks Nikkei naik 0,0 persen, indeks TOPIX menguat 0,5 persen, dan indeks Kospi melesat 0,6 persen. Lonjakan bursa Asia karena GDP China lebih tinggi dari konsensus pasar. (*)