EmitenNews.com - PT Charlie Hospital Semarang Tbk. (RSCH), salah satu perusahaan bidang Rumah Sakit swasta resmi mencatatkan saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) dengan kode saham RSCH di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari ini, Senin, 28 Agustus 2023 dengan harga Rp115 per saham dan menjadi emiten ke-64 yang listing sepanjang 2023.  Dalam perdagangan perdananya, saham RSCH menguat 0,27% ke posisi Rp 151 per saham.


Melalui penawaran umum saham RSCH, terlihat antusiasme publik yang digelar pada 22-24 Agustus 2023. Dalam IPO ini, Charlie Hospital melepas sebanyak 530.000.000 saham baru atau 20,00% dari modal ditempatkan dan disetor penuh, sehingga Perseroan berhasil memperoleh dana segar sebesar Rp60,95 miliar.

 

Berdasarkan keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor Kep47/PM.02/2023 menetapkan keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan tentang penetapan saham PT Charlie Hospital Semarang Tbk (RSCH) sebagai efek syariah. Dalam aksi korporasi ini Perseroan menunjuk PT Shinhan Sekuritas Indonesia sebagai penjamin pelaksana emisi efek dan PT Elit Sukses Sekuritas sebagai penjamin emisi efek.

 

"Puji syukur kepada Tuhan Maha Esa, pada hari ini kami berhasil mencapai milestone baru melalui IPO yang merupakan aksi korporasi strategis. Melalui IPO ini kami ingin selalu memberi dampak positif, kami ingin secara konsisten mendukung berjalannya infrastruktur Kesehatan di Indonesia yang semakin agresif berkembang. Seiring dengan hal itu, kami berharap ke depan dapat menjadi Leading Company industri Kesehatan di dalam negeri," kata Direktur Utama PT Charlie Hospital Semarang Tbk. (RSCH) Junianto dalam seremoni listing RSCH di Jakarta, Senin (28/08/2023).

 

Hasil Penawaran Umum Perdana Saham akan Perseroan gunakan sekitar 48,92% (empat puluh delapan koma sembilan dua persen) akan di gunakan Perseroan untuk penyelesaian pembangunan Rumah Sakit Charlie Hospital Demak; sekitar 50,47% (lima puluh koma empat tujuh persen) akan digunakan Perseroan untuk pembelian alat medis; Dan sekitar 0,61% (nol koma enam satu persen) akan digunakan untuk modal kerja Perseroan, modal operasional dan/atau digunakan untuk pembelian persediaan Perseroan.

 

Dapat Perseroan sampaikan sebagaimana tercantum dalam Prospektus Penawaran Umum Perdana Saham Perseroan bahwa seluruh dana yang diperoleh oleh Perseroan akan Perseroan gunakan untuk penyelesaian Rumah Sakit kedua Perseroan yang berlokasi di Jalan Raya Guntur No.km.4, Pulosarikrajan, Pulosari, Kec. Karangtengah, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

 

Seluruh dana tersebut Perseroan gunakan dalam rangka ekspansi untuk meningkatkan kinerja operasional dan keuangan Perseroan, adapun Perseroan menargetkan Rumah Sakit Charlie Hospital Demak (RSCH Demak) ini menjadi Rumah Sakit tipe C serta direncanakan akan beroperasi pada Juni 2023 dan memiliki kapasitas tempat tidur sebanyak 130 tempat tidur.