EmitenNews.com - Surat pengunduran diri Irjen Ferdy Sambo dari dinas Polri, ditolak. Polri tidak akan memproses surat pengunduran diri mantan Kadiv Propam Polri itu. Surat itu ditulis tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir J itu, Senin (22/8/2022) sebelum menjalani sidang etik. Sidang etik Kamis (25/8/2022) pagi, hingga Jumat (26/8/2022) dini hari, memutuskan memecat Irjen Ferdy Sambo dari Polri. Sambo banding atas putusan pemberhentian dengan tidak hormat itu.


Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Jumat (26/8/2022), memastikan adanya penolakan atas pengajuan surat pengunduran diri Ferdy Sambo itu. Dedi menegaskan bahwa upaya pengunduran diri tersebut tidak akan mempengaruhi hasil putusan sidang etik.


Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjawab adanya pengajuan pengunduran diri dari Polri Irjen Ferdy Sambo itu. Surat itu bertulis tangan, dan ditandatangani Sambo di atas materai. Rabu (24/8/2022), Kapolri mengatakan, Polri telah menerima surat itu dan sedang menindaklanjuti.


"Ada suratnya, tapi sedang dihitung oleh tim sidang karena memang ada aturan-aturannya. Ya suratnya ada, tapi tentunya dihitung apakah itu bisa diproses atau tidak," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada wartawan di gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/8/2022).


Dalam surat tersebut, Ferdy Sambo antara lain menyampaikan siap menjalani setiap konsekuensi sesuai hukum yang berlaku atas pembunuhan terhadap Brigadir Yosua. Ia juga siap menanggung akibat hukum yang dilimpahkan kepada rekan sejawatnya.


"Saya juga siap menerima tanggung jawab dan menanggung seluruh akibat hukum yang dilimpahkan kepada senior dan rekan-rekan yang terdampak," ujar Ferdy Sambo.


Dalam surat permintaan maaf itu, Ferdy Sambo berharap penyesalan dan permintaan maafnya dapat diterima secara terbuka. Ia berharap proses hukum yang saat ini ia jalani dapat memberikan keadilan bagi semua pihak.


"Saya siap menjalani proses hukum ini dengan baik sehingga segera mendapatkan keputusan yang membawa rasa keadilan bagi semua pihak. Terima kasih, semoga Tuhan senantiasa melindungi kita semua," ujar Ferdy Sambo. ***