EmitenNews.com - Tinggi minat masyarakat dalam penggunaan kereta cepat Bandung-Jakarta. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat sebanyak 225.000 penumpang telah menggunakan kereta cepat Whoosh pada masa liburan Lebaran 2024.

Dalam keterangannya di Bandung, Senin (22/4/2024), Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengapresiasi minat tinggi masyarakat yang menjadikan Whoosh sebagai pilihan utama untuk mudik dan berwisata dari Kota Bandung maupun Jakarta.

"Jadi, memang sebagai layanan perdana di angkutan Lebaran, kereta cepat Whoosh menghadirkan berbagai keunggulan terutama efektifitas waktu. Sehingga masyarakat bisa memanfaatkan atau memaksimalkan waktunya untuk kegiatan lain," kata Emir Monti, di Bandung, Senin.

Jumlah penumpang tertinggi tercatat pada keberangkatan Stasiun Halim mencapai 116.000 penumpang. Diikuti dengan keberangkatan Padalarang sebanyak 76.000 penumpang, dan keberangkatan Tegalluar sebanyak 33.000 penumpang.

"Selama angkutan Lebaran 2024 kami melayani sebanyak 225 ribu penumpang. Puncak tertingginya pada 15 April 2024 dengan memberangkatkan 21.500 penumpang," kata Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti.

Pada Senin (15/4/2024), PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat peningkatan signifikan dalam volume penumpang Kereta Cepat WHOOSH. Di sejumlah jadwal perjalanan dari Stasiun Tegalluar dan Padalarang menuju Halim, tingkat okupansi penumpang telah mencapai lebih dari 95%.

GM Corporate Secretary Eva Chairunisa menyatakan bahwa peningkatan tersebut mencapai sekitar 40% dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Berdasarkan pantauan di stasiun dan sistem penjualan tiket, penumpang dari Bandung ke Jakarta dengan menggunakan WHOOSH pada hari libur terakhir ini masih tinggi. 

Pada Minggu (14/4/2024), puncak arus balik terjadi dengan jumlah total penumpang sebanyak 21.000 orang, dan tingkat okupansi rata-rata mencapai 95% pada jam-jam sibuk.

Waktu itu, sekitar 13.500 penumpang berangkat dari Stasiun Padalarang/Tegalluar, sementara 7.500 penumpang lainnya berangkat dari Stasiun Halim.

Perkembangan itu dinilai mencerminkan minat besar masyarakat untuk kembali ke Jakarta setelah berlibur Lebaran di Bandung dan sekitarnya. Penumpang memilih Kereta Cepat WHOOSH karena tidak terkena kemacetan dan menawarkan kenyamanan. ***