EmitenNews.com - Ada ‘Pertamina’ dalam nama baru Sirkuit Mandalika. Sirkuit di Nusa Tenggara Barat (NTB) itu, kini memiliki nama baru, Pertamina Mandalika International Street Circuit. BUMN migas itu, menjadi sponsor utama. Wakil Menteri BUMN Pahala N Mansury mengapresiasi sejumlah BUMN yang terlibat dalam pengembangan sirkuit ini. Khususnya Pertamina, yang menjadi sponsor utama.


"Kita mengapresiasi berbagai BUMN yang sudah berpartisipasi dalam hal merealisasikan hal ini. Khususnya tadi kita saksikan Pertamina sebagai salah satu atau merupakan sponsor utama dari kegiatan tersebut," kata Pahala Mansury dalam acara Penandatangan PKS Sponsorship dan Peluncuran Nama Resmi Sirkuit yang digelar hari ini, Kamis (7/10/2021).


Pahala mengemukakan, hal itu sebagai wujud sinergi BUMN. Langkah ini juga sebagai upaya agar Indonesia keluar dari dampak pandemi Covid-19. Ini bentuk sinergi antara BUMN dan berbagai institusi pemerintah agar Indonesia keluar dari pandemi Covid-19. Termasuk juga bagaimana industri pariwisata sebagai industri yang paling terdampak, kembali pulih.


Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, ada beberapa alasan Pertamina masuk menjadi sponsor. Pertama, BUMN harus mendukung program pemerintah, termasuk dalam upaya memulihkan ekonomi. Pemulihan ekonomi ini, kata dia, sangat diperlukan untuk kerja sama semua pihak. Jadi, industri pariwisata yang kita yakini bisa dengan cepat memberikan kontribusi besar dalam pemulihan ekonomi.


Kedua, otomotif merupakan bidang yang dekat dengan produk-produk Pertamina. Langkah ini bisa digunakan untuk mempromosikan produk Pertamina di skala internasional. Juga terkait digitalasi Pertamina, MyPertamina platform yang dimiliki Pertamina ini juga bisa digunakan nanti dalam event ini untuk transaksinya, ticketing, marchendise, dan sebagainya.


“Jadi ini adalah peluang bagi kita untuk menambah jumlah kustomer baik di dalam maupun luar negeri," papar Nicke Widyawati.


Ketiga, Pertamina juga mendukung pemerintah dalam transisi energi. Nicke berencana mengembangkan energi baru terbarukan di Mandalika. "Kita bisa bangun di sana renewable energi sebagai salah satu sumber energi di Mandalika yang tentu akan menjadi showcase sangat bagus ketika event internasional terjadi." ***