EmitenNews.com - Menjadi Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi Kreatif, Yovie Widianto ingin membantu mempercepat pemberdayaan ekonomi kreatif. Tamatan Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran yang lulus dengan predikat itu, tugas yang diberikan Presiden Prabowo Subianto kepada tidak jauh berbeda dari yang digelutinya selama 40 tahun ini.

"Semoga bisa membantu akselerasi (percepatan) dalam pemberdayaan ekonomi kreatif. Pengalaman kegagalan dan kesuksesan saya di dunia kreatif semoga bisa memberi masukan-masukan yang bisa mempercepat akselerasi pemberdayaan ekonomi kreatif ke depan," kata musisi Yovie Widianto terkait pelantikannya sebagai Stafsus Presiden bidang Ekonomi Kreatif di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/10/2024).

Sebagai musisi senior, Yovie Widianto mengungkapkan, penugasan yang diberikan Presiden Prabowo Subianto kepadanya tidak terlalu jauh dengan bidang yang digelutinya selama 40 tahun terakhir.

Yovie Widianto berharap dapat memberikan saran konstruktif dan riset bersama dengan tim. Personel Kahitna Grup ini mengungkapkan, begitu banyak subsektor ekonomi kreatif yang dapat dikembangkan dan diberdayakan.

"Dan karya kita sudah banyak diakui dunia, baik karya seniman, musik, film, fesyen. Bagaimana secara ekonomi bisa dimonetisasi dengan baik," jelasnya.

Seperti Presiden RI Prabowo Subianto melantik musisi Yovie Widianto sebagai Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi Kreatif berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 75/M tahun 2024 tentang Pengangkatan Staf Khusus Presiden.

Pelantikan Yovie dilakukan bersama-sama dengan pelantikan Penasehat Khusus Presiden dan Utusan Khusus Presiden di Istana Negara, Jakarta, Selasa.

“Saya hanya memberikan masukan kepada Presiden. Tugasnya nanti memberi masukan tentang bagaimana industri kreatif ini berjalan, seperti apa, bagaimana strateginya, dan lain-lain,” kata Yovie Widianto.

Yovie Widianto adalah musisi multitalenta. Lelaki kelahiran Bandung, Jawa Barat, 21 Januari 1968 itu adalah pendiri grup musik kawakan Kahitna dan mengisi posisi piano/keyboard.

Sejak kecil, Yovie Widianto dekat dengan dunia musik berkat keluarganya terutama ayahnya yang sangat menggemari musik. Pada usia 5 tahun, Yovie Widianto telah berkenalan dengan musik jazz melalui pamannya Hasbullah Ridwan, seorang komposer dan musisi senior Indonesia.

Dalam berkarier di dunia musik, Yovie mengisi masa remajanya dengan menulis lagu, membentuk band, serta tampil di banyak festival musik baik nasional sampai internasional.

Karier musik Yovie Widianto melesat setelah grup band Kahitna, yang dibentuk pada 24 Juni 1986, merilis album perdana bertajuk "Cerita Cinta" pada 1994.

Yovie menjadi salah satu musisi yang masih eksis bermusik, memproduksi lagu, berkolaborasi dengan musisi-musisi muda berbakat, serta tampil di berbagai acara musik hingga konser besar.

Dalam kariernya bermusik, Yovie Widianto banyak menerima penghargaan dalam ajang bergengsi, menjadikannya sosok yang dihormati sebagai musikus. Alumnus Jurusan Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran yang lulus dengan predikat cum laude itu, pernah menjadi Juri audisi Indonesian Idol musim ke-2 dan bergabung dengan kepengurusan Federasi Serikat Musisi Indonesia (FESMI). ***