EmitenNews.com -Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) menyelenggarakan kegiatan bertajuk "Intensifikasi Asistensi Regulatori Obat untuk Mendorong Kemandirian dan Akses Obat Bermutu, Aman, dan Berkhasiat" di Medan, Sumatera Utara, pada tanggal 3 Oktober 2024. 

Acara yang menghadirkan organisasi pelaku usaha farmasi, termasuk Gabungan Perusahaan Farmasi Indonesia, dibuka secara langsung oleh Kepala Badan POM yaitu dr. Taruna Ikrar, M.Pharm., MD., Ph. D.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Badan POM untuk memperkuat regulasi di bidang obat dan memastikan penyediaan obat yang berkualitas, aman, dan efektif bagi masyarakat Indonesia. 

Dalam sambutannya, Kepala Badan POM dr. Taruna Ikrar, M.Pharm., MD., Ph. D. menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan pelaku usaha farmasi untuk meningkatkan daya saing produk obat nasional, sekaligus mendorong kemandirian dalam produksi dan distribusi obat. Salah satu momen penting dalam acara ini adalah penyerahan Sertifikat Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB) bagi pelaku usaha di bidang distribusi obat, khususnya Pedagang Besar Farmasi (PBF). 

PT Millennium Pharmacon International Tbk (SDPC) Cabang Pematang Siantar menjadi salah satu penerima sertifikat CDOB yang diserahkan langsung oleh Kepala Badan POM dr. Taruna Ikrar, M.Pharm., MD., Ph. D. Sertifikasi ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing perusahaan sekaligus memperkuat komitmen dalam penyediaan obat yang berkualitas dan terstandar. 

Setelah penyerahan sertifikat, Deputi Bidang Pengawasan Obat dan NPPZA, Dra Rita Endang, Apt.M.Kes yang didampingi oleh Direktur Pengawasan Distribusi dan Pelayanan Obat dan Narkotika, Psikotropika, dan Prekursor (ONPP) Mimin Jiwo Winanti, S.Si.,Apt, bersama dengan tim dari Balai Besar POM Medan, melakukan kunjungan langsung ke PT Millennium Pharmacon International Tbk (SDPC) Cabang Pematang Siantar. Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau implementasi standar CDOB yang diterapkan oleh perusahaan tersebut. 

Pada kesempatan ini Dra Rita Endang, Apt.M.Kes juga melakukan kunjungan langsung melihat sarana & prasarana milik PT Millennium Pharmacon International Tbk (SDPC) Cabang Pematang Siantar yang dipersiapkan sesuai dengan ketentuan CDOB. Pembukaan SDPC Cabang Siantar dilakukan sebagai bentuk pengembangan bisnis usaha SDPC agar penyaluran produk dapat terdistribusikan dengan merata dan tepat waktu ke sarana kesehatan. 

Perwakilan SDPC  menyampaikan apresiasinya atas pelayanan yang diberikan Badan POM dalam proses sertifikasi CDOB yang cepat & informatif. Poin apresiasi yg dapat disebutkan antara lain pelayanan Sertifikasi CDOB sangat cepat dan prosedur yang dijalankan jelas. Emiten farmasi ini merasa sangat terbantu dengan pendampingan yang rutin dilakukan oleh Badan POM, terutama melalui program seperti Bimtek SMART CDOB dan Desk CAPA dan  Program BPOM mendukung kelancaran proses sertifikasi dan membantu keberlangsungan usaha.

Selain penyerahan sertifikat, kegiatan ini juga diisi dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Desk CAPA Asistensi Regulatori Obat. Bimtek yang dilaksanakan sangat memberikan manfaat khusunya dalam mengantisipasi kendala dan proses sertifikasi CDOB menjadi lebih lancar. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Medan dan Surabaya, serta disiarkan secara langsung ke wilayah Indonesia Barat dan Jawa Timur, memperluas jangkauan pembelajaran dan asistensi bagi PBF lain.