EmitenNews.com - Hajatan BTN Jakarta International Marathon (Jakim) 2024 menuai sukses besar. Ajang bergengsi itu, hasil kerja sama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dengan Bank Tabungan Negara (BBTN). Pesta untuk pelari itu, diramaikan 15 ribu peserta berlangsung pada Minggu, 23 Juni 2024. 

Ajang tersebut terbagi dalam tiga kategori. Yaitu, 1.000 orang untuk Marathon (42K), 4.000 orang untuk Half Marathon (21K), dan sekitar 10.300 orang untuk 10K. BTN tentu bangga, dan bersyukur dipercaya sebagai sponsor utama perhelatan akbar tersebut, setelah sukses mengadakan BTN Run 2023 pada tahun lalu. 

“Ini kali pertama Jakarta memiliki ajang lari paling clear, steril, teratur, dan rapi. Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemprov DKI, Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, semua yang terlibat dalam mengamankan, dan menyelenggarakan acara ini,” seru Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu, di Jakarta, Minggu (23/6).

Para peserta menunjukkan antusiasme tinggi karena spirit mereka terjaga dengan adanya cheering guide berupa tarian dan nyanyian bergaya Betawi. Secara khusus, BTN mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang hadir tepat waktu, sehat, dan bahagia sepanjang acara berlangsung.

Ajang BTN Jakim 2024 dimulai dengan flag off di kawasan Monas pada pukul 04.00 WIB sebagai tanda start race, dan berakhir dengan finish di dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat. Penempatan garis finish dalam stadion GBK itu, kali pertama perhelatan lari di Jakarta, dalam memberi pengalaman unik, dan berbeda bagi para peserta.

Selain manajemen BTN dan pejabat Pemprov DKI Jakarta, sejumlah VIP lain turut terlibat dalam acara tersebut. Yaitu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury, Sekretaris Kementerian BUMN Rabin Indrajad Hattari, dan para selebritas nasional.

Perhelatan BTN Jakim 2024 diadakan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-497 Kota Jakarta. BTN Jakim 2024 merupakan ajang bergengsi, dan berkelas dunia. Itu karena diakui badan atletik dunia, yakni World Athletics, dengan predikat World Athletics Label Road Races. 

Itu bentuk dukungan BTN terhadap upaya Pemprov DKI Jakarta mempromosikan Jakarta sebagai kota pendorong sports tourism atau pariwisata olahraga. Perputaran ekonomi dari perhelatan olahraga internasional itu, terefleksi dari penuhnya okupansi hotel di Jakarta oleh para turis olahraga. 

“Kami mengapresiasi langkah Pemprov DKI Jakarta terus berupaya menjadikan Kota Jakarta sebagai kota yang mendunia. Sebagai warga Jakarta, kita ingin Jakarta seperti kota-kota lain dunia memiliki perhelatan lari internasional, menjadi kota bersih, tidak berpolusi, dan indeks kesehatan udaranya persis seperti kota-kota lain dunia. Dengan begitu, warga Jakarta akan menjadi sehat,” harap Nixon.

Nixon berharap, BTN dapat melanjutkan dukungan ajang tersebut pada 2025. Itu sejalan dengan cita-cita menjadikan Jakarta sebagai kota sports tourism yang mendunia. ”Tahun depan, kami berharap peserta bisa mencapai lebih dari 20 ribu orang, dan makin lama akan makin banyak. Seperti halnya di London Marathon, dan New York Marathon pesertanya bisa mencapai lebih dari 50 ribu orang, sehingga orang datang bisa sampai ratusan ribu, dan menggerakkan ekonomi sepanjang satu hingga dua minggu,” ulas Nixon.

Pada kesempatan sama, PJ Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono mengucap syukur, dan terima kasih kepada seluruh jajaran Polda Metro Jaya, dan Kodam Jaya sehingga acara dapat berjalan dengan sukses. “Konon katanya, hari ini yang terbaik. Itu karena ajang ini dilaksanakan dengan steril, dan memiliki tingkat safety terbaik. Dengan begitu, para peserta nyaman. Jadi, komitmen kami menjaga prinsip steril dan safety telah terbukti. Oleh karena itu, mudah-mudahan kami bisa menjaga kualitas hari ini untuk tahun-tahun mendatang,” tegas Heru.

Heru juga mengucap terima kasih kepada para peserta, masyarakat Kota Jakarta, dan media massa yang telah mendukung perhelatan BTN Jakim 2024, dan menunjukkan antusiasme tinggi. Ia berharap ajang tersebut dapat menarik lebih banyak perhatian kepada Jakarta sebagai pusat bisnis, dan pariwisata yang menjadi kebanggaan bersama.

“Manfaat ajang marathon bagi Jakarta, pertama mempromosikan kota ini memiliki sports tourism dengan baik, kedua kebangkitan ekonomi, dan UMKM berjalan dengan baik. Selain itu, dapat tercipta kebiasaan berolahraga rutin, sehingga kesehatan juga baik. Ajang ini harus dilanjutkan di Jakarta sebagai ikon DKI Jakarta,” ucap Heru.

Para peserta BTN Jakim 2024 memperebutkan hadiah total Rp3 miliar, termasuk grand prize sebuah rumah untuk peserta berhasil memecahkan rekor marathon, khusus bagi Warga Negara Indonesia (WNI). Selain menyediakan wadah bagi UMKM untuk mempromosikan produk pada ajang itu, Pemprov DKI juga mengadakan cheering seni kebudayaan untuk memberikan semangat kepada para peserta.

Pada ajang BTN Jakim 2024, para pelari asal Kenya merajai kategori marathon untuk pria dan wanita. Daftar pemenang kategori marathon sebagai berikut. Kelompok pria juara pertama Geoffrey Kiprotich Birgen, Kenya. Juara kedua, Kiprop Tonui, Kenya. Juara ketiga Bililign Yimer Ali, Ethiopia. Juara keempat Joseph Mwangi Ngare, Kenya. Juara keempat Kenneth Kiprop Kipkemoi, Kenya.

Lalu, untuk kelompok wanita terdiri dari juara pertama Sheila Jepkosgei Chesang, Kenya. Juara kedua Careen Cheptoek Mwetich, Kenya. Juara ketiga Shauline Chepkirui Koech, Kenya. Juara keempat Eunice Nyawira Muchiri, Kenya. Dan, juara kelima Hellen Nzembi Musyoka, Kenya. (*)