EmitenNews.com - Jangan lupa. Malam ini, Rabu (31/3/2021), pukul 22.00 WIB, bakal ada laga persahabatan Grand Master Irene Kharisma Sukandar vs GothamChess alias Levy Rozman. Pecinta catur bisa menyaksikan pertandingan seru keduanya, di akun twitch.tv/irenesukandar atau twitch.tv/GothamChess. Inilah kelanjutan kehebohan yang diciptakan Dewa Kipas alias Dadang Subur, usai menang kontroversial atas Master Levy Rozman dengan akun GothamChess di Chess.com, beberapa waktu lalu.

 

"Guys, intinya Youtube dia udah dibuka untuk penonton Indonesia, dan ke depannya kita ada rencana untuk kolaborasi dalam waktu dekat ini. Catur memang lagi hype banget nih," tulis GM Irene Kharisma Sukandar dalam komentar live Instagram-nya dengan GothamChess, Rabu (31/3/2021).

 

Nah, sejak Irene menyampaikan informasi pertandingannya dengan GothamChess di media sosial, tanggapan netizen mengalir. Perdebatan di dunia maya muncul, perihal siapa pemenang, nantinya. Anak-anak bangsa, banyak yang mendukung, dan berharap Irena mengalahkan Levy Rozman, seperti ketika GM perempuan pertama Indonesia itu, sukses membekuk Dewa Kipas. Dalam laga yang ditayangkan lewat channel Youtube Deddy Corbuzier, beberapa waktu lalu itu, Dadang menyerah 0-3, sehingga babak keempat tak dimainkan lagi.

 

Tentu berdasarkan pertimbangan profesional, ada yang menyukai pecatur Levy Rozman, namun lebih memilih Irene sebagai pemenang pertandingan mereka. Sebagian tetap mendukung GothamChess. Dari banyaknya perdebatan yang muncul jelang pertandingan ini, bisa dipastikan bakal sukses menyedot penonton. Maka, jangan lupa ya, Rabu malam ini gelaran laganya.

 

Asal tahu saja, Irene pecatur luar biasa. Tidak main-main. Perempuan kelahiran 7 April 1992 ini, sudah banyak meraih gelar kejuaraan catur. Dalam usia 10 tahun, ia juara 3  Kejuaraan Catur Asean 2002, di Singapura. Menginjak umur 11 tahun, Irene telah menjuarai sejumlah ajang perlombaan catur tingkat Asia Tenggara dan dunia, yaitu Juara 4 KU 10 tahun Kejuaraan Catur ASEAN di Malaysia 2003. Lalu, dua medali perak SEA Games Vietnam 2003, dan Peringkat ke-9 Kejuaraan Dunia Junior di Yunani 2003, serta medali perak Olimpiade Catur papan tiga di Spanyol 2003. 

 

Tahun 2006, dalam usia 14 tahun, Irene peringkat 4 Kejuaraan Dunia Junior di Georgia. Pada 2008, Irene Kharisma Kusnandar dinobatkan sebagai The Best Player Women pada Malaysia Open 2008. Irene kembali dinobatkan sebagai The Best Woman Player di Queenstown Chess Classic, Selandia Baru pada Januari 2012 tepat di usianya yang ke 20 tahun. Tahun yang sama Irene Juara 1 Asian Continental Chess Championship di Vietnam tahun 2012.

 

Tidak mengherankan kalau Irene merupakan pecatur wanita pertama Indonesia yang mendapatkan gelar Women Grand Master International. Ia meraih gelar WGM pada Desember 2008 dan International Master pada 2014. Peringkat FIDE Irene Maret 2021 mencapai 2413 dan peringkat tertinggi elo ratingnya 2432 pada 2016. 

 

Kini Irene merupakan Woman Grand Master yang masuk daftar 100 pemain wanita terbaik di dunia terhitung Maret 2021. Perempuan 29 tahun itu, menduduki peringkat 49 kategori Blitz dengan rating 2313. Sedangkan GothamChess atau Levy Rozman adalah International Master dengan rating Blitz 2376.

 

Jadi, mampukah Irena mengalahkan lawan tangguhnya itu. Mari melihat statistik permainan mereka berdua di Blitz berdasarkan laporan FIDE. Ketika menggunakan bidak putih, Irene sudah memenangkan 45 pertandingan, 4 seri, dan 22 kali kalah. Sedangkan dengan bidak hitam, dia menang 38 kali, 13 seri dan 20 kalah.