EmitenNews.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) segera membuka pendaftaran Program Rekrutmen Bersama BUMN (RBB). Inisiatif ini merupakan komitmen BUMN mendukung penciptaan lapangan kerja nasional. 

Tahun ini, peluang makin terbuka lebar dmencakup berbagai entitas, tingkat pendidikan beragam (SMA/SMK atau setara, D3, S1/D4 hingga S2), dan status pekerjaan baik organik/PKWTT maupun kontrak/PKWT.

Menurut Menteri BUMN, Erick Thohir, RBB tahun ini tidak hanya melibatkan induk atau holding BUMN, tetapi juga anak perusahaan, cucu perusahaan, dan perusahaan afiliasi BUMN.

"Saya berharap dengan ruang lingkup penerimaan lebih besar, RBB dapat menciptakan peluang kerja seoptimal mungkin bagi generasi terbaik dan menghasilkan talenta unggul untuk kemajuan bangsa," ujarnya, dikutip Jumat (9/2).

Erick juga menekankan bahwa program ini penting untuk mendukung keberagaman dan transformasi di kelompok BUMN, menjadikan mereka pemain global yang berkontribusi pada kemajuan ekonomi Indonesia. Dia yakin inisiatif ini juga akan berdampak positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Alexandra Askandar, Ketua Umum FHCI, mengapresiasi kepercayaan Kementerian BUMN kepada FHCI untuk kembali menyelenggarakan RBB 2024. FHCI berkomitmen untuk meningkatkan kualitas program RBB melalui langkah-langkah seperti peningkatan kehandalan sistem, evaluasi tahapan proses RBB, penyediaan informasi yang lebih rinci dan jelas bagi peserta, serta peningkatan transparansi dan akuntabilitas.

Dia menegaskan FHCI akan menjalankan proses rekrutmen dengan profesionalisme, transparansi, dan berpegang pada nilai-nilai inti AKHLAK. Keterlibatan generasi muda, menurutnya, memiliki peran penting dalam mengembangkan BUMN dan mendorong inovasi. 

Melalui RBB, Kementerian BUMN dan FHCI memberikan peluang karier menarik, dan berkelanjutan bagi generasi muda untuk membawa inovasi, keterampilan baru, dan semangat transformasi digital dalam perusahaan BUMN. Generasi muda diharapkan dapat berperan krusial dalam membentuk masa depan BUMN lebih baik. (*)