EmitenNews.com — PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) menjual sejumlah 5.189.645.854 lembar atau 49,9997 persen porsi saham pada PT Mitra Pinasthika Mustika Rent, perusahaan bergerak penyewaan kendaraan kepada Trusty Cars Pte Ltd senilai USD 53,76 juta atau setara dengan nilai Rp 783,78 miliar.


Hal itu tertuang dalam Akta pengambilalihan No. 172 tanggal 31 Mei 2022 yang diunggah pada laman Bursa Efek Indonesia(BEI), Jumat(3/6/2022).


Setelah penjualan saham ini efektif,perseroan akan mensinergikan layanan wahana perdagangan daring milikTrusty Cars Pte Ltd bertajuk Carro dengan layanan Mitra Pinasthika Mustika Rent.


“Dengan pendanaan yang diperoleh dari beberapa investor strategis, Carro akan terus meningkatkan layanan yang ditawarkan untuk memperluas bisnisnya di seluruh Asia Tenggara,”tulis manajemen MPMX.


Sedangkan dana hasil penjualan itu akan digunakan MPMX untuk mendukung likuiditas modal kerja dan optimalisasi struktur permodalan dan anak usaha, serta dapat digunakan untuk melakukan investasi pada portofolio bisnis yang masih sejalan dengan strategi bisnis Perseroan, dalam rangka mendukung pertumbuhan secara organik maupun an-organik.


Patut dicatat, penjualan 49,9 persen anak usaha MPMX itu bukan transaksi afiliasi dan tidak mengandung benturan kepentingan.