EmitenNews.com - Kabar baik dari Daerah Istimewa Yogyakarta. PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, DIY mendapat permohonan penambahan 26 penerbangan pada arus mudik dan arus balik Lebaran pada 20 April sampai 20 Mei 2022. Permintaan datang dari tiga maskapai: Lion Air, CitiLink, dan Batik Air.


"Ada 26 penerbangan tambahan pada arus mudik dan arus balik. Jumlah tersebut belum termasuk dengan penerbangan reguler rata-rata 50 penerbangan dalam satu hari," kata Pelaksana Tugas Sementara General Manager Bandara Internasional Yogyakarta Agus Pandu Purnama di Kulon Progo, Kamis (21/4/2022).


Maskapai yang mengajukan penambahan di antaranya Lion Air 14 penerbangan dengan rute Balikpapan, Banjarmasin, Ujung Pandang (Makassar) dan Cengkareng. Lalu, CitiLink untuk empat penerbangan ke Cengkareng. Kemudian, Batik Air, dua penerbangan ke Cengkareng.


Sementara itu, Garuda Indonesia tujuan Cengkareng ada empat penerbangan, tetapi bukan penambahan penerbangan. Untuk Garuda ini, reguler penerbangan untuk mengisi izin rute penerbangan yang dikembalikan aktif.


"Ini yang tercatat sekarang, bisa jadi nanti akan bertambah. Mulai penerbangan pada 20 April sampai selesai Lebaran," katanya.


Dengan tingginya trafik penerbangan di Bandara Internasional Yogyakarta itu, manajemen Bandara Internasional Yogyakarta mengubah jam operasional. Awalnya dari 07.00 WIB sampai 18.00 WIB, menjadi 07.00 WIB sampai 21.00 WIB. Ini mengakomodasi adanya penerbangan malam tujuan Balikpapan, Banjarmasin, dan Ujung Pandang (Makassar) untuk Lion Air. ***