EmitenNews.com - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai, Riau, belum padam, sampai hari ke-19, Minggu (7/5/2023). Tim gabungan dari Manggala Agni, Polri, TNI, BPBD dan warga setempat, masih berjibaku memadamkan api di lahan gambut.

 

Kepada pers, seperti dikutip Minggu (7/5/2023), Kepala Manggala Agni Daops Sumatera V/Dumai, Ismail Hasibuan mengungkapkan, tim gabungan terus bekeja keras berusaha untuk memadamkan api. Ia menyebutkan, semua masih melakukan pemadaman di bagian tengah untuk menuntaskan titik asap.

 

Rupanya, bara api di dalam gambut sangat sulit untuk dipadamkan. Berbagai cara telah dilakukan petugas. Mulai dari ditimbun dengan lumpur hingga disiram dari udara menggunakan helikopter. Kali ini, tim menggunakan racun api untuk membantu mematikan api di dalam gambut. 

 

"Sekarang kita pakai racun api, agar menyerap ke dalam gambut sehingga bara api padam total," urai Ismail Hasibuan. 

 

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai, Riau, terjadi sejak Rabu (19/4/2023). Sedikitnya api menghanguskan lahan gambut sekitar 50 hektare. Upaya pemadaman dilakukan dari darat dan udara menggunakan helikopter. Petugas gabungan juga mengerahkan ekskavator untuk membuat sekat kanal untuk mencegah kebakaran meluas. ***