EmitenNews.com - Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran menghibur koleganya, Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Fadil mendatangi Sambo di ruangannya di Mabes Polri, Rabu (13/7/2022). Dalam video berdurasi 24 detik terlihat kedatangan Fadil disambut langsung Ferdy Sambo. Usai bersalaman, keduanya berpelukan. Ferdy Sambo terlihat menangis dalam pelukan Fadil.


Fadil Imran juga tak dapat menyembunyikan kesedihannya. Ia beberapa kali menepuk-nepuk dan mengelus pundak, lalu mencium kening Ferdy Sambo, yang dipanggilnya sebagai adik. Fadil mengatakan kunjungannya ke ruang kerja Ferdy Sambo untuk memberikan dukungan, atas kasus polisi tembak polisi di rumah Irjen Ferdi Sambo.


"Saya memberikan support pada adik saya Sambo, agar tegar menghadapi cobaan ini. Ini tidak mudah dan dapat menimpa siapa saja," ujar Fadil Imran.


Cobaan yang disebut Fadil Imran jelas berkaitan dengan tewasnya Brigadir Joshua di rumah dinas Irjen Ferdi Sambo, di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan. Sang Brigadir, yang sehari-hari bertugas sebagai supir dinas istri Irjen Sambo, ditemukan tewas bersimbah darah di dekat tangga rumah Ferdy Sambo pada Jumat (8/7/2022) sekitar pukul 17.00 WIB. Ada barang bukti berupa senjata, selongsong serta proyektil peluru.


Hasil penyelidikan, sesuai keterangan resmi pihak kepolisian, Brigadir J tewas usai terlibat baku tembak dengan Bharada E, ajudan Ferdi Sambo. Insiden penembakan terjadi setelah adanya teriakan istri Sambo dari dalam kamar tidurnya. Bharada E, yang saat itu berada di lantai 2, bergegas datang. Terlihat Brigadir Joshua keluar dari kamar bosnya itu. Saat ditegur oleh E, malah disambut dengan tembakan.


Masih kata polisi, Brigadir Joshua sempat melepaskan tujuh tembakan, yang akhirnya dibalas oleh Bharada E, dengan melepaskan 5 tembakan. Empat tembakan bersarang di tubuh Joshua yang akhirnya membuatnya meregang nyawa. Ia tewas bersimbah darah, ditembak Bharada E.


Pihak Polisi yang menyelidiki kasus ini menyebut, peristiwa ini diawali dari pelecehan seksual yang dilakukan oleh Brigadir J terhadap istri Kadiv Propam,  Ferdi Sambo. Brigadir J juga disebut menodongkan pistol ke kepala istri Kadiv Propam. Istri Sambo sudah membuat laporan atas apa yang dialaminya itu.


Belakangan, banyak pihak meragukan cerita versi polisi, soal tewasnya Brigadir Joshua itu. Apalagi karena peristiwa itu terjadi pada Jumat (8/7/2022) tapi baru terungkap, dan diumumkan pihak kepolisian pada Senin (11/7/2022). Di luar itu, terdapat sejumlah kejanggalan lain dalam kasus itu, setidaknya dari rilis resmi yang dikemukakan pihak kepolisian.


Akhirnya, merebak kabar burung, istri Sambo itu berselingkuh dengan sang brigadir. Bagusnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membentuk tim khusus untuk mengusut peristiwa penembakan di rumah Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri Irjen Ferdy Sambo itu.


Kapolri Listyo mengungkapkan pembentukan tim tersebut diharapkan dapat menjawab keraguan publik atas penanganan kasus itu. Sebab, ia menyebutkan, saat ini banyak informasi liar yang beredar ihwal kasus polisi tembak polisi tersebut.


"Karena memang terjadi baku tembak antara anggota dan anggota, dan kami juga mendapatkan banyak informasi terkait dengan berita-berita liar yang beredar yang tentunya kita juga ingin semuanya ini bisa tertangani dengan baik," ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada wartawan, Selasa (12/7/2022). ***