EmitenNews.com - Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja yang link and macth dengan pasar kerja. Menteri Ketenegakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan pembangunan BLK Komunitas itu, terobosan penting Presiden Joko Widodo. Wadah untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja itu, sudah ada 3.757 di seluruh Indonesia.

 

"Perkembangan permintaan pasar kerja membutuhkan suplai dengan kompetensi yang sesuai. Maka jawabannya adalah BLK Komunitas," ujar Menaker Ida Fauziyah dalam sambutan peresmian dan Festival Kemandirian BLK Komunitas yang dihadiri oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dan sejumlah pejabat daerah, yang diikuti secara daring di Jakarta, Jumat (10/2/2023).

 

BLK Komunitas menurut Menaker merupakan terobosan penting Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dimulai pada tahun 2017 sebagai upaya nyata untuk mendekatkan pelatihan vokasi kepada masyarakat di desa-desa dan berbagai komunitas yang selama ini tidak memiliki akses atas pengembangan kompetensi.

 

"Perlu kami laporkan kepada Bapak Wakil Presiden bahwa sejak tahun 2017 hingga 2022, Kementerian Ketenagakerjaan telah membangun BLK Komunitas sebanyak 3.757 yang telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia," ujar Menaker Ida Fauziyah. ***