EmitenNews.com - Kabupaten Batang yang sedang berproses menjadi kota industri, membutuhkan peran banyak pihak untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.


Dalam mendukung hal tersebut, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Semarang, menggelar pelatihan pengolahan makanan berbahan dasar daging kepada pelaku UMKM di Desa Padomasan, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang, Sabtu (1/7/2023).


Pelatihan ini merupakan upaya untuk menggerakkan sektor informal, sehingga mampu mendukung terwujudnya Batang sebagai kota industri.


Staf Khusus Menaker RI Caswiyono Rusydie Cakrawangsa menyampaikan, pelatihan yang diberikan kepada kaum ibu dan pedagang kecil, manfaatnya akan lebih terasa, dalam pemenuhan pangan di sektor industri.


“Yang disiapkan mulai dari petani, sistem budidayanya, produksi, pasca panen, pengemasan hingga pemasaran, semuanya terkoneksi,” jelasnya.


Sumber daya manusia yang berkompeten sedang disiapkan, lalu diperkuat dengan ekosistem usaha, sehingga menciptakan gerakan ekonomi yang besar bagi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Batang.


“Tujuan akhirnya agar masyarakat bisa mandiri, berdaya,di tengah industrialisasi, sehingga tidak jadi penonton lagi, bagi mereka yang masuk di sektor formal maupun informal, bergerak sesuai peran masing-masing,” pungkasnya.(*)