EmitenNews.com - Jasa Marga (JSMR) menyuntik modal entitas usaha Rp293,84 miliar. Pinjaman bertitel Share Holder Loan (SHL) itu, mengucur deras dalam tubuh Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS). Transaksi tersebut telah dipatenkan pada 15 Desember 2022. 


Transaksi berupa pemberian SHL kepada JBS, dilakukan dalam memenuhi kebutuhan cash deficiency support JBS tahun 2022, dan untuk kebutuhan operasional lainnya. Apalagi, perseroan merupakan salah satu pemegang saham eksisting JBS sehingga terafiliasi.


Berdasar proforma laporan posisi keuangan konsolidasi terlihat, rencana transaksi pemberian fasilitas pinjaman kepada JBS memiliki pengaruh pada besarnya aset lancar berupa pengurangan pada saldo kas dan setara kas serta penambahan pada saldo piutang lain-lain dengan jumlah masing-masing sebesar Rp293,84 miliar.


Laporan proforma laba (rugi) konsolidasi tidak menunjukkan adanya perubahan pada pendapatan, dan beban-beban yang dimiliki oleh Perseroan setelah pelaksanaan rencana transaksi tersebut. ”Transaksi tidak mengandung benturan kepentingan sebagaimana POJK 42/2020, dan bukan transaksi material superit dalam POJK 17/2020,” tulis Nixon Sitorus, Corporate Secretary Jasa Marga. (*)