EmitenNews.com - Keren ini. Indonesia sudah menjadi penguasa pasar ekonomi digital di ASEAN. Staf Ahli Bidang Transformasi Digital, Kreativitas, dan Sumber Daya Manusia Kemenko Bidang Perekonomian Rizal Edwin mengatakan pada 2022 Indonesia menguasai sebanyak 40 persen pasar ekonomi digital ASEAN yang mencapai USD194 miliar.

 

Dalam Indonesia Retail Summit (IRS) 2023, di Jakarta, Senin (14/8/2023), Rizal Edwin mengatakan, dengan populasi sebesar 679 juta jiwa atau 8 persen dari total penduduk dunia, ASEAN punya potensi pasar besar dan menjanjikan bagi dunia usaha, termasuk ritel.

 

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi juga telah mempermudah akses konsumen terhadap produk dan jasa serta menciptakan peluang bisnis yang baru.

 

Terlebih, kehadiran e-Commerce dan juga platform perdagangan online telah mengubah wajah ritel ASEAN.

 

Menurut Rizal Edwin, peningkatan penetrasi internet dan penggunaan smartphone menyebabkan perdagangan elektronik berkembang sangat pesat dan menciptakan peluang baru bagi pengusaha dan pelaku bisnis di kawasan ini.

 

Pada sisi lain, pertumbuhan negara-negara ASEAN yang stabil ikut mempengaruhi perkembangan sektor ritel.

 

"Pertumbuhan ekonomi sebagian negara ASEAN berada di atas rata-rata pertumbuhan dunia, yakni 3,1 persen. Malaysia, Vietnam, Filipina, Kamboja, Singapura, dan Indonesia mencatatkan pertumbuhan di kisaran 3,8 sampai 8,7 persen," kata Rizal Edwin. ***