EmitenNews.com - Pelayanan haji harus optimal. Itu pesan khusus Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang disampaikan Ma'ruf Amin menjelang keberangkatan jamaah haji 1444 H/2023 M. Pelayanan tersebut meliputi kesehatan, bimbingan haji, pemondokan, tempat yang tidak terlalu jauh, dan juga katering.


Karena optimalisasi pelayanan tidak terlepas dari biaya haji, Ma'ruf Amin meminta agar biaya haji terus dievaluasi. Kloter pertama jemaah haji tahun ini, 24 Mei 2023 dan kembali ke Tanah Air pada 3 Agustus 2023.


"Ongkos haji itu kan ada kaitannya dengan biaya-biaya pelayanan itu, oleh karena itu saya minta selalu dievaluasi," kata Wapres Ma'ruf Amin usai menghadiri acara muhasabah dan istigasah doa keselamatan bangsa sebagai momentum peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW 1444 H, di Masjid Agung Cianjur, Jawa Barat. Minggu (19/2/2022).


Kementerian Agama dan Komisi VIII DPR beserta pemangku kebijakan terkait sepakat dengan besaran rata-rata biaya perjalanan ibadah haji atau biaya yang dibayar langsung oleh jemaah haji tahun 2023 menjadi Rp49,8 juta.


Ma'ruf Amin memuji penanganan di bidang kesehatan dalam pelaksanaan ibadah haji sebelumnya. Karena itu, ia berpesan agar senantiasa ditingkatkan.


Keberangkatan jemaah haji kelompok terbang atau kloter pertama tahun ini akan dimulai pada 24 Mei 2023 dan kembali ke Tanah Air pada 3 Agustus 2023. ***