EmitenNews.com - Aktris Hollywood Kim Basinger, komedian Ricky Gervais dan aktor Inggris Peter Egan, serta sejumlah selebritis Indonesia, di antaranya Luna Maya, bergabung dengan para pelaku kampanye dari koalisi Dog Meat Free Indonesia dalam rangka merayakan kabar bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengeluarkan larangan perdagangan daging anjing dan kucing. Pemprov DKI Jakarta juga dalam persiapan memasukkan dalam Peraturan Daerah (Perda) Tekait Pangan, juga Surat Edaran Gubernur. 


Informasi yang diperoleh Rabu (15/3/2023), para selebriti ini mengirimkan pesan berupa video setelah adanya konfirmasi dari Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian bahwa Jakarta menjadi wilayah ke 21 di Indonesia yang resmi melarang perdagangan hewan tersebut.


Langkah tersebut merupakan tanggapan atas kampanye intensif oleh DMFI yang mengungkap kekejaman terhadap hewan dan risiko terhadap Kesehatan manusia dari penyakit zoonosis seperti rabies.


Catatan yang ada menunjukkan, di Indonesia, lebih dari 1 juta anjing dan kucing yang tak terhitung jumlahnya dibunuh per tahunnya untuk daging mereka. Kebanyakan ini hewan curian, hewan yang diambil dari jalanan dan dengan ilegal diperjualbelikan melalui perjalanan panjang yang melelahkan untuk memenuhi permintaan lokasi hotspot/ lokasi yang paling banyak peminat untuk konsumsi daging anjing.


DMFI menyebutkan, banyak anjing tersebut mati dalam perjalanan akibat kepanasan, dehidrasi, atau cedera saat ditangkap dan diangkut. Hewan yang masih bertahan akan dibawa ke rumah jagal yang dibuat asal-asalan. Mereka akan dipukuli dan dibunuh di hadapan sesama mereka.


Investigasi tim DMFI menjelaskan bahwa di Jakarta, sebanyak 9,520 anjing per bulan atau sekitar 340 anjing per hari dijagal untuk diambil dagingnya. Lebih dari 95% dari anjing-anjing ini dibawa dari wilayah provinsi Jawa Barat dimana rabies masih menjadi endemik. Daging anjing dapat ditemukan dijual di beberapa pasar di Jakarta, seperti Pasar Senen, Pasar Cijantung dan penyuplai juga menjual ke resto lokal di Jakarta.


Lola Webber, direktur kampanye untuk program End Dog Meat dari Humane Society International, DMFI, mengatakan: pelarangan perdagangan daging anjing dan kucing di Jakarta sangatlah signifikan, tidak hanya karena ribuan hewan yang dibunuh untuk diperdagangkan di kota ini, tapi juga karena ini artinya Jakarta memahami bahwa perdagangan yang kejam ini berisiko menyebarkan penyakit rabies. 

 

Status Provinsi DKI Jakarta sebagai Provinsi yang bebas rabies juga dapat tercemar karena perdagangan ini setiap hari masih terus mengangkut anjing dengan status penyakit yang tidak diketahui ke dalam kota. Lola Webber berharap pemerintah Indonesia mengambil Langkah berikutnya untuk melarang perdagangan kejam ini untuk selamanya sehingga tidak ada lagi anjing atau kucing yang perlu mengalami kekejaman seperti ini di masa depan.


Pelarangan ini secara resmi diumumkan dan sisampaikan dalam Rapat Bersama DMFI pada 1 Maret 2023 di Balai Kota Provinsi DKI Jakarta, oleh Kepala Dinas KPKP Jakarta Suharini Eliawati. Ia mengatakan, kemajuan yang telah dicapai saat ini dengan dibuatnya Peraturan Daerah (PERDA) Terkait Pangan untuk melarang perdagangan daging anjing, dan dikeluarkannya Surat Edaran dari Gubernur.


“Termasuk juga rencana mengedukasi masyarakat untuk tidak mengkonsumsi daging anjing, dan agar dapat menjadi pemilik hewan yang bertanggung jawab,” katanya.


Sri Haryati, Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretaris Daerah Gubernur Provinsi DKI Jakarta, pada Rapat Koordinasi Bersama dengan DMFI, 1 Maret 2023, juga mengungkapkan, pelarangan perdagangan daging anjing adalah penting, karena lebih banyak risikonya, dan perlu dilakukan lebih banyak kegiatan edukasi, sehingga DMFI bisa bekerja sama Lintas Dinas terutama dengan Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi DKI Jakarta.


“Materi kampanye edukasi kepada masyarakat untuk tidak mengkonsumsi daging anjing, bisa menggunakan fasilitas media dari provinsi DKI Jakarta," tambahnya.


Para artis dunia menyambut hangat langkah Pemprov DKI Jakarta. Artis Kim Basinger berterima kasih kepada kepada Gubernur DKI Heru Budi Hartono atas langkah tegas dan berani menghentikan perdagangan daging anjing yang kejam, berbahaya dan ilegal di Jakarta.


“Langkah Anda memberi pesan jelas bahwa anjing bukanlah makanan. Hukum untuk melarang daging anjing, akan dapat memiliki dampak besar, melindungi hewan dan manusia. Anjing adalah berkah dari Tuhan bagi kita semua. Mereka adalah sahabat kita yang sangat setia dan perlu dilindungi dari siksaan dan kekejaman perdagangan daging anjing ini,” kata Kim Basinger.


Ricky Gervais mengatakan: “Saya ingin menambahkan suara saya kepada jutaan pendukung lainnya yang menyerukan pelarangan atas perdagangan daging aning di Indonesia. Pesan saya cukup jelas, anjing bukanlah makanan.”


Peter Egan juga berterima kasih Gubernur Heru Budi Hartono atas kepemimpinannya dan kebaikan hatinya dalam mengambil tindakan melarang perdagangan daging anjing di Jakarta. Tindakan itu dinilai    akan melindungi hewan dan menjaga kesehatan dan kesejahteraan warga.