EmitenNews.com - RANS Nusantara masih terseok-seok dalam kompetisi Liga 1. Dalam lanjutan kompetisi di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Minggu (19/2/2023), klub milik pesohor Raffi Ahmad itu menelan kekalahan dari Persib Bandung, 1-3. Berkat kemenangan ke-15 ini, Persib menempel PSM Makassar sebagai pemimpin klasemen, dengan jarak empat poin. 

 

Sementara itu bagi Rans kegagalan memetik poin ini menjadi kekalahan ke-14 sepanjang musim pertamanya berkompetisi di Liga 1. Klub yang memilih homebase di Stadion Pakansari Bogor itu, terpuruk di dasar klasemen karena baru meraih 17 poin dalam 25 pertandingan. Satu tingkat di atasnya, Persik Kediri. Poinnya sama, tetapi Persik menang selisih gol.

 

Gol-gol kemenangan Persib dicetak David Da Silva melalui titik penalti, Ciro Alves, dan gol bunuh diri gelandang Finky Pasamba. Dalam pertandingan di Stadion Pakansari itu, Rans memperkecil kekalahan berkat gol pemain asal Belgia, Yanis Mbombo Lokwa.

 

Di pertandingan di Bogor itu, Persib sudah diperkuat Daisuke Sato yang sempat absen akibat hukuman akumulasi kartu kuning pada laga sebelumnya. Malah, David Da Silva diturunkan sejak menit pertama.

 

Dalam pertandingan ini, Santana, pelatih Rans, memasang formasi 4-3-3, dengan menurunkan Sumarna, Yanis Mbombo Lokwa, serta Makan Konate di barisan penyerang. Mereka didukung Mitsuru Maruoka, Finky Pasamba, dan Muhammad Tahir pada lini tengah.

 

Sebagai kiper dipercayakan kepada Wawan Hendrawan, yang dikawal barisan bek yang terdiri atas Ady Setiawan, Arif Satriya, Muhamad Fadillah Akbar, dan Edo Febriansyah.

 

Sedangkan Persib Bandung pada pertandingan ke-24 ini, sang pelatih Luis Milla, menurunkan formasi 4-3-3. Selain David Da Silva, ia juga mengandalkan Ciro Alves, dan Beckham Putra di lini depan.

 

Trio penyerang itu, ditopang Marc Anthony Klok, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya di lini tengah. Lalu, Victor Iggonefo dan Nick Kuipers mengawal jantung pertahanan, didampingi Daisuke Sato di sisi kiri serta Rezaldi Hehanusa di kanan. Teja Pakualam tetap dipercaya menjadi penjaga gawang.

 

Persib membuka keunggulan saat pertandingan baru berjalan tujuh menit setelah David da Silva memaksimalkan peluang dari dari titik penalti. Hadiah penalti diberikan untuk Persib karena penyerang asal Brasil itu dilanggar pemain Rans di kotak terlarang.